5 Alasan IAKN Tarutung Bertransformasi Menjadi UKN Tarutung

  • Whatsapp

ANALISNEWS, SAMOSIR – Saat ini terjadi polemik di masyarakat khususnya daerah Tapanuli, tentang perubahan IAKN Tarutung menjadi UKN atau UNTARA. Berikut alasan mengapa IAKN Tarutung bertransformasi menjadi UKN Tarutung:

  1. Sejarah Dan Cita-Cita Pendiri

IAKN (Institut Agama Kristen Negeri) Tarutung berdiri dimulai dengan Sekolah Pendidikan Guru Agama Kristen /Protestan (PGAA). Sekolah swasta yang berdiri tahun 1968 di Sigompulon-Tarutung. Para pendiri PGAA bercita-cita supaya ada sekolah bagi calon-calon tenaga Guru Agama Kristen yang dapat mengajar di sekolah-sekolah. Cita-cita para pendiri tersebut menjadi harapan dan doa bagi umat Kristen melalui Perguruan Tinggi Agama Kristen Negeri. STAKPN Tarutung memperlengkapi mahasiswa menjadi hamb Tuhan yang setia, memiliki kedewasaaan Iman dan tangguh serta memiliki wawasan oikumenes. Alumni STAKPN Tarutung mampu mengembangkan ilmunya untuk pelaksanaan pelayanan Gereja dan mengabdi di berbagai bidang kehidupan.

  1. Alumni Perguruan Tinggi Keagamaan

IAKN Tarutung salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan yang berada dibawah binaan Kementerian Agama. Perguruan Tinggi Keagamaan yang banyak di kenal masyarakat seperti, UIN (Universitas Islam Negeri), IAIN (Institut Agama Islam Negeri), STAIN ( Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri), Universitas Hindu Negeri (UHN), Institut Agama Hindu Negeri (IAHN).

Alumni Perguruan Tinggi Keagamaan telah berkontribusi dalam membangun masyarakat dalam kehidupang berbangsa dan bernegara. Ada yang memiliki profesi menjadi guru, dosen, penyuluh agama, pengusaha dan politisi. Berikut tokoh nasional yang adalah alumni dari Perguruan Tinggi Keagamaan yakni: Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si, Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur) dan  Ade Komarudin.

  1. Jurusan Kedokteran

Perguruan Tinggi Keagamaan dalam bentuk Universitas dapat membuka jurusan-jurusan umum. Kesan bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan mesti harus ahli agama saja mesti dirubah, karena mereka juga ahli ilmu pengetahuan. UIN yang lebih dulu berdiri membuka jurusan seperti Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Keguruan, Teknik Informatika, Matematika, Fisika dan Biologi. UKN (Universitas Kristen Negeri) Tarutung dalam perkembangannya akan membuka jurusan-jurusan tersebut.

  1. Universitas Negeri Di Tapanuli

Masyarakat Tarutung khususnya dan daerah Tapanuli umumnya sangat mendambakan kehadiran Universitas Negeri di wilayah Tapanuli. Sehingga mereka tidak jauh mengirim anaknya menempuh pendidikan di daerah lain. Orang tua akan mengeluarkan biaya lebih sedikit apabila menyekolahkan anaknya di Universitas yang ada di Tarutung. IAKN Tarutung satu-satunya perguruan tinggi negeri yang lebih memenuhi syarat untuk berubah menjadi Universitas Kristen Negeri.

  1. IAKN Tarutung Mendukung UKN Tarutung

Rektor IAKN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd beserta tim saat ini sedang berjuang, bekerja keras dan bekerja ikhlas untuk mempersiapkan IAKN Tarutung agar dapat berubah menjadi UKN Tarutung. Perjuangan Ibu Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd beserta tim patut mendapat dukungan total dari berbagai pihak. Karena UKN Tarutung akan meningkatkan mutu pendidikan dan masyarakat di daerah Tapanuli. Sesuai wewenang hendaknya Bupati fokus meningkatkan mutu pendidikan di tingkat PAUD, SD dan SMP. (*)

Pos terkait