Aktifis Genppari Rohul Temukan Bunga Bangkai Sepanjang 2 Meter di Makam Raja Rambah

  • Whatsapp

ANALISNEWS, ROKAN HULU – Pengurus DPD Pegiat Ragam Wisata Nusantara  Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia  (Prawita Genppari) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan kunjungan wisata sejarah Makam Raja-raja Rambah, tepat di Dusun Pasir Jambu, Desa Rambah Tengah Hilir, Sabtu (10/4/2021).

Bunga bangkai (Amorphophallus Titanum), tersebut, diperkirakan setinggi sekitar 2 Meter, ditemukan Pengurus dan Anggota (Prawita Genppari)

Anggota Prawita Genppari Rohul Eni dan Hayati membenarkan jika bunga tersebut mereka jumpai di Makam Raja Rambah, kemudian mengabadikan dengan mendokumentasikannya.

“Iya ada kita temukan di Makam Raja-raja Rambah, tapi kelopak Bunga Bangkai (Dalam sains, Rafflesia Arnoldii) sudah layu,” sebut Ketua DPD Ade Irwan Hudayana.

Rafflesia Arnoldii tidak terdapat jaringan, daun, akar dan batang atau melakukan fotosintesis. Genusnya termasuk ke dalam raksasa, kadang-kadang dikenal sebagai bunga bangkai.

Bunga ini menjadi individu terbesar yang diketahui dari semua spesies tumbuhan di dunia dan ditemukan di pegunungan berhutan seperti Sumatera dan Kalimantan.

Sebagian warga mempercayai dan menyebut bunga ikon itu sebagai bunga Bokor Setan. Sebagian lainnya menyebutnya sebagai Ibeun Sekedei atau Cawan Hantu. Penamaan itu merujuk bentuk bunga yang menyerupai bokor atau tempat sirih.

Dinukil dari Atlas Obscura, selain bau busuk mereka, bunga dalam genus Rafflesia, yang tidak memiliki daun dan akar, bukanlah bunga biasa. Mereka adalah parasit, yang hidup di dalam tanaman merambat dari genus Tetrastigma. (*)

Pos terkait