Cegah Praktek Illegal Mining, Polsek Kapuas Hulu Rutin Patroli dan Berikan Sosialisasi ke Masyarakat

  • Whatsapp

Polres Kapuas – Anggota piket Polsek Kapuas Hulu jajaran Polres Kapuas, Polda Kalteng rutin melakukan sosialisasi pencegahan penambangan liar dan kerusakan lingkungan kepada masyarakat di wilayah hukummya.

Tampak Aipda Yusuf dan Bripka Gunawan Wijaya melakukan patroli rutin kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kapuas Hulu sembari memberikan edukasi kepada masyarakat untuk cegah praktek illegal mining.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya agar masyarakat tidak melakukan penambangan liar dan mematuhi aturan perundang-undangan yang dapat menjerat pelaku penambangan liar berupa denda dan hukuman penjara,” kata Aipda Yusuf, Kamis (8/4/2021).

“Melalui spanduk, kami sampaikan sanksi daj pidana tentang illegal mining yaitu UU RI No. 3 Tahun 2008 tentang Penggunaan bahan kimia dan larangan penggunaan bahan kimia sebagai senjata kimia, UU RI No. 7 Tahun 2014 tentang perdagangan bahan kimia/sianida dan UU RI No. 3 Tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara,” jelasnya terperinci.

Selanjutnya disampaikan Yusuf, sosialisasi yang dilakukan juga bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan yang disebabkan aktivitas penambangan liar dan penggunaan bahan kimia.

“Semoga dengan adanya edukasi kepada masyarakat untuk mencegah kerusakan lingkungan, dapat menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” tutupnya. (ver)

Pos terkait