Gunakan Spanduk, Polsek Kapuas Kuala Sosialisasi Cegah Illegal Mining Kepada Warga

  • Whatsapp

Polres Kapuas – Polsek Kapuas Kuala jajaran Polres Kapuas, Polda Kalteng rutin memberikan sosialisasi menggunakan spanduk untuk stop illegal mining dan juga stop penggunaan bahan kimia merkuri / sianida kepada warga Kec. Kapuas Kuala Kab. Kapuas, Kalteng.

Kapolsek Kapuas Kuala Ipda Parmono mengatakan, anggota Polsek rutin mengingatkan masyarakat yang berada di wilkum Polsek Kapuas Kuala untuk tidak melakukan aktifitas penambangan tanpa izin (illegal mining).

Bacaan Lainnya

“Karena selain membahayakan diri sendiri juga melanggar undang-undang yang berlaku,” ujar Ipda Parmono, Jumat (9/4/2021) siang.

Kapolsek menjelaskan melalui spanduk tersebut, anggota mengajak masyarakat untuk tidak melakukan penambangan liar sesuai UU RI No.3 TAHUN 2020 tentang Pertambangan mineral dan Batubara, UU RI No.7 TAHUN 2014 tentang Perdagangan Bahan Kimia/Sianida, dan UU RI No.9 TAHUN 2008 tentang Penggunaan Bahan Kimia sebagai Senjata Kimia.

“Anggota di lapangan juga menyampaikan rutin melaksanakan imbauan tersebut dengan harapan mudah diketahui masyarakat banyak, terutama para penambang liar.

“Polsek Kapuas Kuala akan menindak tegas terhadap masyarakat yang berani melakukan penambangan tanpa izin apabila kedapatan melanggar aturan akan di proses sesuai undang-undang yang berlaku,” tambahnya. (ver)

Pos terkait