Imbauan Tentang Menjaga Kelestarian Ekosistem Dan Lingkungan Perairan Di Das Mentaya Sampit

  • Whatsapp

Polda Kalteng, Polres Kotim, Analisnews.co.id – Sampit (08/04/2021)  Satpolairud Polres Kotim jajaran Polda Kalteng melaksanakan kegiatan Imbauan kepada masyarakat perairan untuk menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan perairan Das mentaya dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara di racun, strum dan bom ikan karena kegiatan tersebut dapat merusak ekosistem perairan khususnya DAS Mentaya Sampit, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Anggota Satpolairud Polres Kotim yaitu Brigpol Cecep D, memberikan penjelasan kepada masyarakat perairan dan memberikan contoh efek samping akibat melakukan penangkapan ikan yang dilarang dengan racun, strum dan bom ikan.

Kegiatan imbauan tersebut di lakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan ekosistem di DAS Mentaya Sampit karena dilakukan penangkapan dengan cara yang di larang, yang dapat mengakibatkan kerugian bagi masyarakat itu sendiri khususnya para nelayan penangkap ikan tradisional dan pemancing.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.I.K., M.Si. melalui Kasatpolairud Polres Kotim AKP Herbet Parluhutan Simanjuntak, S.H. menuturkan Imbauan tersebut terus di lakukan kepada masyarakat perairan dan selalu di ingatkan untuk menggugah kesadaran masyarakat perairan agar tidak menangkap ikan tidak dengan cara setrum, Racun dan bom ikan karena akan berdampak pada kerusakan ekosistem dan lingkungan perairan sangat cepat, dan jika penangkapan dilakukan dengan cara tersebut diatas. mungkin ikan ikan di Das mentaya akan sangat drastis berkurang karena benih dan biota sungai hancur dan hilang akibat penangkapan yang dilarang seperti disebut diatas.

Kasatpolairud Polres Kotim menambahkan kegiatan penangkapan ikan dengan cara strum, racun dan bom ikan, dapat di kategorikan kejahatan di bidang perikanan.

Beliau juga menyampaikan apabila masyarakat perairan melihat atau menemukan adanya kegiatan penangkapan ikan baik itu dengan cara strum, racun dan bom ikan, dapat kiranya masyarakat perairan segera melaporkan kepada Satpolairud Polres Kotim untuk dapat ditindak lanjuti dan juga mengimbau agar masyarakat perairan untuk tidak membuang Sampah kesungai serta bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan perariran Das Mentaya imbuhnya.(PolairudSpt-02).

Pos terkait