Kapolsek Mantangai Beri Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di PT. Graha Inti Jaya

  • Whatsapp

Polres Kapuas – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kapolsek Mantangai Iptu Catur Winarno BI turun langsung memberikan Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2021 yang dilaksanakan dk Aula Pertemuan Kantor PT. GRAHA INTI JAYA Desa Manusup Kec. Mantangai Kab. Kapuas Prov. Kalteng, Rabu (7/4/2021) pukul 08.00 WIB.

Dijelaskan oleh Kapolsek, hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Kab. Kapuas Bapak Aswaludin sebagai Narasumber, Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Palangkaraya Bapak Ediansyah juga sebagai Narasumber serta Kapolsek beserta Kanit Binmas dan Kanit Reskrim Bhabinkamtibmas Polsek Mantangai.

Bacaan Lainnya

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan kebijakan pemerintah dalam pencegahan Karhutla yang memiliki Dasar Hukum Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Pengendalian Karhutla.

“Pencegahan karhutla ini juga tertuang dalam UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 10 Tahun 2010 tentang Mekanisme Pencegahan Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup yg berkaitan dengan Karhutla,” jelas Iptu Catur.

“Dalam Sosialisasi ini disampaikan cara pencegahan dan penanggulangan Karhutla, untuk pencegahan diharapkan adanya pemberdayaan masyarakat, penyadartahuan, pengurangan resiko Karhutla, Kesiap siagaan, pelaksanaan peringatan dini dan latroli pencegahan,” lanjut Kapolsek.

Untuk penanggulangan, kata dia, diperlukan deteksi dini, pemadaman awal, koordinasi DAM, mobilisasi, DAM lanjutan, demobilisasi dan Evakuasi serta penyelamatan.

“Sangat dibutuhkan peran serta partisipasi masyarakat dan seluruh karyawan PT. Graha Inti Jaya dalam pencegahan Karhutla ini, kita tidak bisa bekerja sendiri, bersama kita cegah karhutla di wilayah kita,” jelas Kapolsek saat dikonfirmasi. (ver)

Pos terkait