Keindahan Pantai Jos Desa Demangharjo Tegal, Memanjakan Mata

  • Whatsapp

ANALISNEWS, TEGAL – Pantai Joss yang terletak di Desa Demangharjo Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, setelah mendapatkan perhatian masyarakat dan Pemerintah Desa, kini secara pelan-pelan tapi pasti menjadi salah satu wisata yang mulai di kunjungi oleh wisatawan.

Hamparan pasir hitam dan debur ombak yang cantik dari Pantai Joss, membuat mata tertuju kesana. Menurut Ketua Pengelola Wasroh mengatakan, biasanya setiap hari Minggu pagi sampai siang, pantai banyak dikunjungi warga, meskipun baru sekitar satu bulan, namun kelestarian dan kebersihan sepanjang pantai akan selalu dijaga sampai kapanpun, ternyata tidak itu saja, para wisatawan yang berkunjung ke pantai tidak di pungut biaya sepeserpun atau gratis. Tentu hal itu yang akan menjadi ikon sendiri wisata keluarga baru di Desa Demangharjo yang selama ini banyak masyarakat belum tahu.

“Nama pantai Joss ini kita ambil awalnya, saat saya mencoba membersihkan sepanjang pantai yang dulu terkesan kumuh, tapi setelah kelihatan bersih, tiba-tiba waktu itu hari Minggu banyak warga berdatangan, karena tidak pernah menyangka saya bilang “Jos” sampai warga bisa datang kesini, itulah perjalanan pantai yang akan kita rawat bersama-sama masyarakat mulai dari kenyamanan pengunjung, kebersihan tetap kita utamakan, yang terpenting saat masuk ke kawasan pantai pengunjung tidak dipungut tiket,

siapapun itu, entah itu warga sini maupun pengunjung dari luar semua Gratis, karena warga pengelola ingin menjadikan pantai Jos agar menjadi salah satu wisata pantai di Desa Demangharjo,Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, yang tidak membuat kapok para pengunjungnya,” ungkap Wasroh, Rabu (7/4/2021).

Dijelaskan, pantai joss sendiri saat ini memang masih sangat alami dan untuk fasilitas lainnya belum memadai. Saat Analisnews mendatangi pantai terlihat taman baru terbuat dari ban bekas yang di buat seperti tempat duduk, ayunan, juga beberapa Gasibo yang dibuat pihak pengelola.

” Saat ini memang fasilitas belum memadai, baru ada penyewaan ban, gasibo, tempat duduk yang terbuat dari ban, dan warung juga baru ada beberapa saja, dan dari pihak pengelola ini mulai menanam pohon cemara, agar kedepan bisa rimbun dan menjadikan pantai ini wisata handalan Desa kami yaitu Demangharjo, kita dari pengelola bersama Pemerintah Desa akan berusaha kedepan menata, biar nantinya pantai jos bisa lebih baik dan fasilitas lainnya bisa dibenahi, sehingga pengunjung betah, karena setiap Minggu pagi sampai siang kita juga didukung penampilan hiburan dangdut dari teman-teman New Kelana Music,itulah yang membuat beda pantai jos ini,sudah gratis masih di hibur, ” tambah Wasroh.

Sementara salah satu pengelola lainnya Riyanto mengatakan, pengunjung biasanya ramai hari Minggu, kebanyakan warga lokal dan sekitar Demangharjo, karena menurutnya kehadiran wisata pantai yang berjarak sekitar 200 meter dari jalan pantura Pemalang-Tegal tersebut belum dikenal masyarakat luas.

” Baru sebulanan ini kita kelola, benar yang disampaikan pak Warso, tapi kita sudah koordinasi sama pihak Desa kalau pantai jos akan kita jadikan salah satu wisata yang benar-benar alami, makanya kita jaga kelestarian, kebersihannya, agar pengunjung tidak menyesal saat berkunjung kesini, semoga dengan di kenalkan masnya lewat media, pantai Desa Demangharjo bisa dikenal, dan saya tambahkan untuk lokasi pantai jos bisa di cari di google maps, biar masyarakat yang kesini nantinya tidak nyasar,” jelas Riyanto.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Demangharjo Sorikhi saat ditemui mengatakan, keindahan pantai jos akan selalu di kembangkan dan menarik pengunjung daerah lain untuk datang ke pantai jos.

” Insa Allah kedepan kita akan membuat pantai lebih baik, Pemerintah Desa Demangharjo akan menata dengan pelan-pelan, agar bisa menarik pengunjung dari luar Desa menikmati keindahan wisata pantai milik desa kami ini,” ungkap Kades Sorikhi.

Keindahan pantai jos sendiri akan lebih indah dan bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi, jika Pemerintah Kabupaten Tegal bisa ikut mendukung dengan pembuatan pemecah ombak, sehingga disaat air pasang, keindahan pasir pantai jos bisa dirasakan pemandangannya. (GN/FIRDA)

Pos terkait