Polres Gumas Dan Pemkab Tanda Tangani MoU Penerimaan Polri T.A. 2021

  • Whatsapp

Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) dengan Kepolisian Resort  Gunung Mas (Polres Gumas) melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding terkait penerimaan Personil Polri di wilayah Gumas tahun 2021. MoU dilakukan mengingat selama ini warga Kab. Gumas yang diterima sebagai anggota Polri masih sangat sedikit. Sehingga perlu dilakukan kerja sama, terutama dalam pembinaan dan pelatihan sebelum mengikuti ujian rekrutmen.

 

Bacaan Lainnya

Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama tersebut dilakukan oleh Bupati Gumas Jaya S Monong bersama dengan Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, S.I.K., disaksikan Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P.Umbing dan Penjabat terkait dikedua belah pihak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula 1 Pemda Gumas, Kamis (8/4/2021) siang.

 

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, S.I.K., mengatakan, separoh dari anggota Polri di Gumas berasal dari luar daerah. Kebanyakan juga mengajukan mutasi meskipun dalam peraturan kepegawaian di Polri harus bersedia ditempatkan dimana saja. Namun, dengan dengan pengajuan perpindahan ini sangat mempengaruhi kinerja polres.

 

Dengan banyaknya putra daerah, lanjut kapolres, diharapkan akan lebih banyak membantu persoalan adaptasi dan lebih mengetahui tentang adat dan kebudayaan setempat. Selain itu juga tidak ada masalah tempat tinggal dan membantu mengurangi beban organisasi. “Kalau anak-anak di Kab. Gumas diterima di daerahnya sendiri, tentu minimal sudah ada rumah orang tuanya,” jelas Kapolres.

 

 

Sementara Bupati Gumas Jaya S Monong menyambut gembira dengan MoU yang disepakatinya. Diharapkan pemuda pemudi di Kab. Gumas yang bercita-cita menjadi Polri bisa tercapai. Dia akan menindaklanjuti MoU ini sesuai peraturan yang disepakati dan nantinya akan dimasukan APBD bila berkonsekwensi dengan kebutuhan pendanaan. MoU ini sangat bagus karena sebagai upaya mendukung perwujudan revolusi mental sebagaimana yang dikehendaki Presiden Jokowi.

 

“Karena kerja sama ini dalam jangka panjang, maka harus ada aturan kelanjutan dalam rangka peningkatan SDM pemuda-pemudi di Kab. Gumas,” ujar Jaya saat ditemui usai penandatanganan Nota Kesepahaman.

 

Dia berharap, antara Kepolisian dan Pemerintah Daerah bisa melahirkan calon peserta yang memiliki pengetahuan yang cukup, fisik yang prima dan mental yang kuat. (krh38)

 

Pos terkait