Rasa Khas Tahu Aci Barakah, Lebih Terasa

  • Whatsapp

ANALISNEWS, TEGAL – Selain terkenal dengan teh poci, Kabupaten Tegal Jawa Tengah, mempunyai kuliner cemilan yang selama ini masih menjadi salah satu andalan makanan khas Tegal, ” Tahu Aci” itulah namanya.

Tahu yang dipotong segitiga dan di kasih adonan aci yang terbuat dari tepung serta dicampur bumbu dan rempah ini, ternyata pada zaman era modern karena munculnya jajanan-jajanan super mewah seperti Hamburger, Pizza sampai Pisang coklat, ternyata tahu aci hingga sekarang masih banyak dicari oleh para pemburu jajanan.

Tahu Aci Barakah misalnya, meskipun berjualan di grobag kecil, tahu aci Barakah yang buka dari sore hingga Tengah malam tersebut, selalu di serbu oleh para pembeli, karena selain mempunyai rasa khas, tahu aci yang dijual oleh Daryana ini selalu dalam keadaan tahu masih panas terus, itu yang membuat para pembeli menyerbu tahu acinya.

” Saya buka biasanya sore, tutup sampai tengah malam, biasanya para pembeli ramainya sore hingga pukul 22.00 WIB,” ungkap Daryana saat di temui analisnews di tempat jualannya, Sabtu (10/4/2021).

Untuk harga tahu aci Barakah sendiri perbijinya dijual dengan harga Rp 750 rupiah, meskipun saat bahan pokok naik seperti, Daryana menjelaskan harga tahu acinya tidak akan dinaikan.

” Meskipun bahan pokok seperti tahu ada kenaikan, tapi saya tidak ikut naikan harga tahu aci saya, berapapun di syukuri saja, yang penting pelanggan tidak kecewa, kalau masalah habisnya, biasanya rata-rata dua tong sampai tiga tong, tapi karena setelah adanya covid agak menurun, tapi berapapun habisnya selalu bersyukur,” ungkap Daryana yang tidak henti mengucap rasa syukur.

Tahu aci memang sangat mudah ditemukan di sepanjang ruas jalan di Kota maupun Kabupaten Tegal. Namun tahu aci Barakah yang terletak di Desa Babakan, Kecamatan Kramat, sekitar 100 meter ke utara dari Kantor Kecamatan ini, selalu menjadi tempat ampiran bagi para warga dari luar kota yang sedang melintasi salah satu jalan alternatif ke arah Semarang tersebut, karena selain bisa dinikmati keadaan panas, tahu aci Barakah ini rasanya gurih dan renyah, karena di goreng sangat kering sekali, sehingga saat di gigit, rasa lembut aci sangat terasa di lidah. (GN)

Pos terkait