Razia Gabungan Polres Kotim Di Lapas Klas IIB Sampit

  • Whatsapp

Polda Kalteng, Polres Kotim, Analisnews.co.id – Kotim (08/04/2021) Polres Kotim jajaran Polda Kalteng bersama-sama Petugas Lembaga Pemasyarakatan, melaksanakan Razia Gabungan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sampit Kabupaten Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Kegiatan yang digelar oleh Polres Kotim dengan melibatkan seluruh Personil Satuan Fungsi Kepolisian yang terdiri dari Samapta, Reserse, Intel, Binmas dan Lalu Lintas sebanyak 115 Personil dipimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba AKP. Syaifullah, S.H, M.H, yang diback up dari Personil Yon B Pelopor Sat Brimobda sebanyak 26 Personil yang selanjutnya bersama-sama Pihak Petugas Lapas Klas IIB Sampit melaksanakan Razia dalam Blok Tahanan dan Narapidana.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Harkambtibmas secara Preventif dan Preemtif, dengan melakukan bantuan personil terhadap Lapas Klas IIB yang juga merupakan bagian ICJS (Integrated Criminal Justice System /ICJS) untuk melakukan penertiban lingkungan warga binaannya.

Adapun yang manjadi sasaran utama dalam razia ini adalah kemungkinan adanya Penyalahgunaan Narkoba dan sejenisnya dilingkungan Tahanan dan Narapidana, selain itu mencegah keberadaannya benda-benda terlarang dan berbahaya lain dalam lingkungan Lembaga Pemasyarakatan, mengingat secara infrastruktur ketersediaan Bangunan sudah tidak seimbang dengan jumlah penghuni warga binaan yang sudah over kapasitas, maka sangat berpotensi untuk menjadi ancaman Kamtibmas.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut tidak ditemukan target utama yakni Narkoba dan sejenisnya, namun masih ditemukan beberapa barang – barang kecil yang tidak selayaknya berada di dalam Blok hunian warga binaan, terlihat diantaranya Handphone, Charger, Mata Gerinda, Gunting, Silet, Gancu, Korek Gas dan lain sebagainya, yang selanjutnya barang-barang tersebut diserahkan kepada Pihak Lapas guna tindak lanjut berikutnya.

Dalam hal ini Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin S.I.K, M. Si melalui Kasat Resnarkoba AKP. Syaifullah, S.H, M.H, merangkan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara kontinyu dengan jadwal random tidak ditentukan, hal ini dilakukan terciptanya Harkamtibmas secara umum di masyarakat secara umum. (Hums-Spt).

Pos terkait