SAR Dog Bantu Temukan Satu Jenazah Warga Kabupaten Kupang

  • Whatsapp

NTT, Analisnews – Dukungan SAR dog sangat membantu dalam upaya pencarian dan evakuasi warga yang masih dinyatakan hilang pascabencana akibat siklon tropis Seroja. Hari ini, Jumat (9/4), satu warga dari Kabupaten Kupang berhasil ditemukan oleh SAR dog dan tim SAR gabungan.

Koordinator Search and Rescue (SAR) dog yang dikerahkan BNPB Hardianto Wardjaman menyampaikan seekor anjing dengan kualifikasi SAR berhasil mengidentifikasi satu warga yang hilang. Dalam tempo satu jam sejak diterjunkan ke lokasi terdampak, SAR dog membantu tim SAR gabungan menemukan satu warga yang hilang di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Akhirnya, satu jenazah yang dilaporkan hilang di kabupaten ini berhasil dievakuasi.

Sehari sebelumnya, dua SAR dog yang siaga di Kota Kupang akhirnya diputuskan satu anjing untuk mencari korban hilang di Kabupaten Kupang. Kepala BNPB Doni Monardo menginstruksikan hal tersebut saat melakukan rapat koordinasi pos komando pada Kamis malam (8/4).

Sementara itu, SAR dog yang berada di Weimatan, Lembata, berhasil mengidentifikasi tiga titik yang diperkirakan terdapat jenazah warga hilang.

Pos terkait