Paska Libur Idul Fitri, Pj Bupati Sidak Ke Beberapa OPD

  • Whatsapp

A­nalisNews – Setelah Libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri, Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar bersama jajaran terkait melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Senin (17/5/2021).

Dari pengamatan di lapangan, Dr H Nasrun Umar (HNU) memulai Sidak di komplek perkantoran Islamic Centre sekitar pukul 09.00 yang dimulai ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim. Setelah itu dilanjutkan ke Kantor Bappenda Muara Enim, kantor BPMPD Muara Enim dan Dinas PUPR Muara Enim.

“Saya ingin seluruh ASN dan KKWT tingkatkan disiplin. Kedepan, saya akan berikan punishment kepada ASB yang tidak disiplin,” tegas Pj Bupati Muara Enim HNU.

Diungkapkan HNU, kedatangan dirinya merupakan amanah dan tugas sebagai Pj Bupati Muara Enim. Ketika masih Plh dirinya hanya melihat pokok-pokoknya saja. Namun, setelah ditugaskan Gubernur Sumsel menjadi Penjabat (Pj) yang kewenangannya sama dengan pejabat Bupati Muara Enim, maka dirinya harus memberikan arahan dan memotivasi kepada seluruh ASN dan KKWT, sehingga roda pemerintahan dan pembangunan tetap berjalan.

Dan langkah awalnya, adalah menertibkan disiplin para pegawainya. Dan, PUPR adalah salah satu OPD yang sangat penting dalam kebijakan infrastruktur.

“Saya akan gelar lomba kebersihan antar OPD. Saya harap PUPR menjadi dinas terdepan,” tukas HNU.

Selain melakukan kunjungan ke OPD, lanjut HNU, pihaknya juga melihat kelengkapan infrastruktur perkantoran seperti ada keramik yang pecah yang bisa membahayakan orang lain, peralatan perkantoran yang rusak untuk segera diperbaiki sehingga bisa berfungsi kembali dengan baik.

Jika tidak ada biaya perawatan untuk segera dianggarkan sebab, sangat mubazir membeli barang apalagi yang mahal tetapi tidak bisa digunakan.

“Jangan menandatangani bawahan atau temannya yang tidak masuk. Saya lebih senang mereka mengakui tidak masuk dari pada berbohong,” tegasnya.

Menurut HNU, kegiatan hari pertama setelah lebaran ini, adalah melakukan kunjungan ASN dan honorer ke OPD. Kunjungan ini, lebih berat ke silaturahmi dengan tujuan untuk memberikan motivasi dan mengugugah hari para ASN dan KKWT sehingga lebih fress setelah libur bersama untuk bekerja lebih baik lagi.

Dan khusus, KKWT untuk bekerja lebih baik lagi sebab, diluar sana masih banyak yang mencari pekerjaan.
Sebenarnya ada tips yang bisa dipegang para ANS didalam bekerja yakni Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT).

“Saya tidak ingin ASN dan KKWT terkotak-kotak. Saya ingin kedepan semuanya bersama-sama dengan satu tujuan membangun Kabupaten Muara Enim. Tidak ada manusia sempurna, namun jika berkerja bersama-sama maka hasilnya akan maksimal,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah ada sanksi kepada ASN yang tidak masuk tanpa alasan, sambung HNU, tentu ada saksinya.namun ia akan melihat dahulu jenis kesalahannya yang telah diatur dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN. Namun, sidak kali ini, pihaknya masih menekankan humanisme, namun kedepan akan lebih tegas lagi.

“Saya tidak hapal, kriteria jenis sanksinya. Silahkan tanya ke BKPSDM,” tutupnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Muara Enim Harson Sunardi bahwa sesuai aturan memang ada beberapa jenis sanksi yang akan diberikan kepada ASN yang melanggar. Adapun jenis sanksinya bisa ringan, sedang, dan berat sampai penurunan jabatan serta pemberhentian tidak hormat.

Untuk Sidak kali ini, lanjut Harson dibagi dalam empat tim yakni, yang dipimpin oleh Pj Bupati Muara Enim, Plt Sekda Muara Enim, Asisten dan Inspektorat. Untuk hasilnya belum tahu, karena masih direkap oleh stafnya dari hasil Sidak empat tim tersebut.(aji)