Pemkot Pekalongan Himbau Masyarakat Gelar Salat Ied Di Rumah

  • Whatsapp

ANALISNEWS, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan mengimbau kepada warganya khususnya seluruh umat muslim di Kota Pekalongan untuk melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Mengingat Kota Pekalongan saat ini masih dalam zona oranye penyebaran Covid-19.

Hal ini menindaklanjuti SE Kemenag RI Nomor 04 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan idul fitri 1442 H atau 2021. Dimana pelaksanaan shalat ied hanya diperbolehkan untuk daerah yang masuk kategori zona kuning (resiko rendah) dan hijau (aman), dengan memperhatikan prokes ketat dan pembatasan jumlah jamaah. Sedangkan, daerah zona oranye (resiko sedang) dan merah (resiko tinggi) dihimbau untuk dilakukan dirumah saja.

“Pemerintah tidak melarang untuk beribadah. Karena saat ini masih pandemi, kami menghimbau masyarakat tetap waspada dan fokus pada pemutusan mata rantai penyebaran virus tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni menghindari kerumunan,” ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Soesilo SH usai rakor persiapan Salat Idul Fitri 1442 H, di Setda Kota Pekalongan, Kamis (6/5/2021).

Lanjutnya, tahun ini, Pemkot Pekalongan tidak menggelar pelaksanaan shalat Ied di masjid atau lapangan terbuka seperti sebelum adanya pandemi. “Pemkot Pekalongan juga tidak akan mengeluarkan izin terkait penyelenggaraan dan pelaksanaan ibadah salat Ied yg diajukan oleh ormas,” imbuhnya.

Pihaknya meminta, kepada para pengurus maupun pengelola untuk memberikan himbauan kepada masyarakat, disamping akan dikeluarkan SE Walikota dalam waktu dekat terkait kebijakan pelaksanaan salat Ied.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk dapat memahami dan menaati dengan menjaga prokes melalui 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sehingga, harapannya tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Kota Pekalongan saat ini berstatus zona oranye dengan jumlah terkonfirmasi kasus Covid-19 sebanyak 2.261 per 6 Mei 2021. (*)

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)