Serius Tanggulangi Karhutla, Polda Kalteng Gelar Latihan 3 Hari di Dua Wilayah

  • Whatsapp

Polda Kalteng – Keseriusan Polda Kalteng dan Polres jajarannya dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tak perlu diragukan lagi.

Buktinya, mulai hari ini, Polda Kalteng selama tiga hari menggelar latihan simulasi penanggulangan Karhutla di Kota Palangka Raya dan Kab. Pulang Pisau (Pulpis), Selasa (18/5/2021) siang.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., MM melalui Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H mengungkapkan, latihan penanggulangan Karhutla yang dilaksanakan tersebut guna meningkatkan kemampuan personel Tim Siaga Karhutla dalam mengoperasionalkan semua peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki.

“Kami melaksanakan latihan selama tiga hari. Dua hari kami laksanakan di Palangka Raya dan hari terakhir dilaksanakan di Tunbang Nusa Kab. Pulang Pisau,” terang Eko.

Latihan di Palangka Raya lanjutnya, dilakukan secara parsial dan hari terakhir digelar latihan gabungan bersama personel Polres Pulang Pisau.

“Kami akan mengukur kecepatan personel dalam.menanggulangi Karhutla. Mulai dari kecepatan menuju tempat kebakaran, kecepatan mengoperasionalkan peralatan, sampai pada kecepatan dalam memadamkan api,” tegasnya.

Kabidhunas berharap latihan penanggulangan Karhutla tersebut dapat bermanfaat bagi Tim Siaga Karhutla saat tugas sebenarnya di lapangan ketika terjadi kebakaran hutan atau lahan.(sam).