Tolak Limbah Nuklir Jepang, Masyarakat Peduli Lingkungan di Indonesia Bersuara

  • Whatsapp

 

Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan dan Kelestarian Alam (PPLKA) melakukan aksi protesnya menolak limbah nuklir Jepang dengan cara membagikan Masker di jalanan Patung Kuda Monas Barat Daya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Jepang berencana akan membuang 1 juta ton lebih air Limbah Nuklir dari pembangkit Fukushima ke Laut.

Menurut pimpinan aksi, Rivaldy mengatakan “sebagai pemuda kita harus terlibat aktif menyuarakan isu lingkungan yang sedang berkembang. Terkait rencana Jepang yang akan membuang limbah nuklir di laut maka kami menolaknya, sebab limbah nuklir tersebut akan menyebabkan pencemaran”.

Rivaldy menambahkan “Ada jutaan orang menggantungkan hidupnya dari Laut. Bukan tidak mungkin limbah nuklir tersebut juga bisa mencemari lautan Indonesia, karena terbawa arus laut. Dan dampaknya tentu saja akan mengancam ikan-ikan di perairan Indonesia sehingga nelayan tidak bisa mendapatkan tangkapan ikan”.

Adapun tuntutan yang disampaikan Pemuda Peduli Lingkungan dan Kelestarian Alam (PPLKA) diantaranya pertama, menolak dan memprotes rencana Jepang membuang limbah nuklirnya ke laut. Kedua, meminta Pemerintah Jepang untuk mengkaji kembali niatan membuang Limbah Nuklirnya ke laut. Ketiga, meminta Pemerintah Indonesia melayangkan keberatan kepada pemerintah Jepang. Keempat, meminta Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) agar mengingatkan pemerintah Jepang agar tidak membuang limbah nuklir ke laut.

Pos terkait