Keseriusan pemkab subang menangani wabah yang belum berakhir

  • Whatsapp

Dalam bentuk respon dan keseriusan terhadap pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Kabupaten Subang yang terus meningkat dilaksanakan rapat koordinasi antara Satgas Percepatan Penanganan covid-19 dengan unsur-unsur terkait di ruang rapat Bupati II. Rabu (10/6/21).
Rakor tersebut selain dilaksanakan secara tatap muka di Ruang rapat Bupati yang dihadiri oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Sekda H. Asep Nuroni, unsur OPD, unsur TNI-Polri juga dilaksanakan secara virtual online dengan tim Satgas Kecamatan, Polsek dan Koramil.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengatakan bahwa Total konfirmasi positif sampai tanggal 9 Juni sebanyak 5927 orang dari hasil sampel 39.765 dengan Kecamatan angka konfirmasi terbanyak adalah Kecamatan Subang sebanyak 1330 orang.
Perkembangan kasus konfirmasi positif covid-19 Kabupaten Subang pada 4 hari terakhir peningkatan kasus konfirmasi positif terbilang tinggi sampai 218 orang.
Terkait kluster covid-19 di Desa Kihiyang Kecamatan Binong. Sebelum terjadi kluster, dari bulan Maret hingga Juni sudah ada 120 orang yang terkonfirmasi positif di Kecamatan Binong. Setelah muncul kluster Desa kihiyang kami melakukan tracing ke 109 orang dan yang terkonfirmasi positif ada sebanyak 43 orang. Kasus tersebut penyebabnya dari kluster hajatan.
Berdasarkan epidemiologi positif rate berada di 14,90% dengan angka kesembuhan (cure rate) 88,59%, sedangkan angka kematian (fatality rate) diangka 2,70% dan untuk cakupan pemeriksa swab dan antigen 254,50%.
Berbagai upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di masa PPKM mikro menerapkan prinsip 3T dan 3M yaitu Testing, tracking, treatment, menjaga jarak, memakai masker, Selalu mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta pemberian vaksin.
Kang Akur  dalam forum rakor tersebut menyampaikan bahwa pemerintah pusat pemerintah provinsi Jawa Barat dan pemerintah Kabupaten Subang terus-menerus mengevaluasi perkembangan penyebaran penularan covid 19. Catatan evaluasi yang paling penting adalah bagaimana kita harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat kembali menyadarkan masyarakat agar jangan kendor protokol kesehatan dengan menerapkan 5 m tetap bersabar Karena ini belum berakhir.
Pembatasan kegiatan masyarakat harus digalakkan apa lagi menjelang rayagung atau Idul Adha atau bulan haji, serta kegiatan wisata dan hiburan lainnya agar terus dievaluasi.
Dari tanggal 3 juni sampai dengan 8 Juni telah dilakukan Gebyar vaksin untuk lansia di Puskesmas Sukarahayu dan Puskesmas cikalapa,
Kang akur berpesan untuk instruksikan kepada seluruh tim Satgas kabupaten dan Satgas tingkat kecamatan untuk lebih serius dan disiplin dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Subang.