Sosialisasi Hukum Tindak Pidana Korupsi Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

  • Bagikan

ANALISNEWS, SUMUT – Sosialisasi Hukum Tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Pertanggung Jawaban Pengelolahan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa,diadakan Aula Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel),dalam bidang Pencegahan penggunaan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR ) Dana Desa, Senin (14/6).

Turut hadir Camat Sayurmatinggi Emmy Farida Spd MM.Perwakilan Dinas Pemdes Erwin Harahap,juga Menghadirkan APD(Asosiasi Perangkat Desa) Hasan Basri Hutasuhut sebagai Penyelenggara Sosialisasi dan sebagai Narasumber Kanit TIPIKOR Polres Tapsel Iptu Said Rum Harahap, SH., dan Kepala Desa se Kecamatan Sayurmatinggi.

Camat Sayurmatinggi Emmy Farida, S.pd., MM., dalam sambutannya,”Tujuan sosialisasi hukum ini untuk menunjang pembangunan serta kesejahteraan masyarakat jauh dari korupsi maka kita dari pihak kecamatan menyediakan fasilitas di Aula Kecamatan untuk sosialisasi hukum terhadap kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Sayurmatinggi.

Mewakili Polres Tapsel Iptu Said Rum Harahap, SH., memberi arahan kepada seluruh undangan perangkat Desa, dimana setiap desa yang turut ikut menghadiri sosialisasi kegiatan tersebut, diantaranya kepala desa, kasi pelayanan, dan kaur perencanaan,agar jangan main main dengan uang negara apalagi peruntukannya untuk mensejahterakan masyarakat dalam instruksi atau arahan dari Unit Tipikor lptu Pak Said, Rum., SH., untuk pencegahan pengunaan anggaran Dana Desa, agar tertib administrasi juga sejalan dengan ketentuan peruntukan Dana Desa, maka pihak kepolisian mengarahkan juga memberi masukan tentang pencegahan penggunaan Dana Desa, agar jangan ada bentuk upaya penyimpangan Dana Desa,dan sesuai nantinya mengacu ke peruntukanya tersalurkan dengan baik sesuai ketentuan Undang undang.

Hasan Basri Hutasuhut selaku APD. dalam komfirmasi Awak Media, beliau memberi pernyataan bahwa kegiatan itu diperbuat untuk menghindari pancegahan bahaya korupsi dan menjabarkan sesuai teacrekord,beliau mengatakan dalam setiap desa yang menghadiri tiga orang pewakilan,Dari delapan belas (18) desa yang ada di Kecamatan Sayurmatinggi,dan anggaranya perdesa memberi lima juta rupiah ( Rp5.000.000.),” tuturnya.

Perwakilan dari Pemdes Erwin Harahap. beliau juga mengatakan,”Yang penting setiap desa meluruskan anggaran Dana Desa sesuai peruntukanya dan jangan ada penyimpangan apalagi yang mengarah tindak pidana korupsi” tuturnya.hingga selesai acara jam 17.30 wib berjalan dengan aman dan tertib. (*/Burhan hts)

  • Bagikan