Strategi Antar Jemput, Percepat Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

ANALISNEWS, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan bersinergi dengan TNI-POLRI, melakukan trobosan untuk percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lanjut usia (lansia).

Salah satunya yakni dengan menyiapkan transportasi antar jemput lansia yang akan divaksin di Puskesmas atau fasilitas umum lainnya.

Di Koramil 01/Pekalongan Barat misalnya, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia (yang berusia lebih dari 60 tahun) di Kelurahan Pasirkratonkramat berjalan dengan lancar. Kegiatan sudah mulai berlangsung pukul 08.00 wib.

“Pelaksanaan berlangsung selama 6 hari yakni mulai 7-12 juni 2021 untuk warga kecamatan Pekalongan Barat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan/kerumunan warga saat mengantri,” ungkap Danramil 01/Pekalongan Barat, Kapten Inf Abdul Muthalib dilokasi, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa dalam proses pelaksanaanya para lansia juga difasilitasi antar jemput yang melibatkan tiga pilar dari kelurahan yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas serta didukung Puskesmas setempat.

“Tiga pilar ini, kami dorong untuk membawa lansia agar mendapatkan vaksin. Para lansia diantar dan dijemput dengan menggunakan mobil trantib kecamatan Pekalongan Barat. Ini salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19,”imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Pasirkratonkramat, Sri Hartati mengungkapkan masyarakat yang mengikuti vaksinasi pada hari ini merupakan kelompok lansia yang sebelumnya belum pernah mengikuti vaksinasi covid-19.

Pihaknya, secara masif memberikan informasi dan imbauan yang dilakukan melalui ketua RT/RW, masjid maupun babinsa dan bhabinkamtibmas setempat.

Hingga pukul 11.00 wib siang, kurang lebih sebanyak 56 lansia telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis I.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)