SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Indramayu Adakan Hewan Qurban

  • Bagikan

ANALISNEWS, INDRAMAYU – Tradisi masyarakat lebaran idul adha adalah nyate dengan daging qurban yang dibagikan, dan banyak tempat penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di masjid, musholla, sekolah, bahkan di rumah.

Hari Rabu, 21 Juli 2021 moment penyembelihan hewan qurban dilaksanakan bertempat di SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Kabupaten Indramayu Jabar.

Hadir pada Kegiatan tersebut perwakilan dari pengurus PK IPNU-IPPNU Komisariat SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng, staf TU, Guru dan Pengurus Yayasan

Amin Hidayat selaku kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Indramayu yang juga Sekretaris Majelis Alumni Ikatan Pelajar Nahdlatul ‘Ulama (MA IPNU) Kabupaten Indramayu menyampaikan terima kasih pada keluarga besar SMK NU.

“Kegiatan ini bentuk syukur pada sekolah kami SMK NU, semoga bermanfa’at untuk masyarakat sekitar, dan terima kasih untuk seluruh panitia atas kerjasamanya”.

Tambahnya, kegiatan ini pula untuk membangkitkan semangat anak didik dalam proses pendidikan qurban.

Berqurban dilakukan pada setiap bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Dalam sejarah sebagaimana yang disampaikan dalam Al Qur’an terdapat dua peristiwa dilakukannya dalam qurban yakni oleh Habil (Abel) dan Qabil (Cain), putra Nabi Adam AS, serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah.

Sementara itu tujuan dari qurban dalam Islam, berqurban harus lillahi ta’ala, Karena menjalankan perintah Allah dan selalu atas Allah, juga secara literal, kata ‘qurban’ juga memiliki arti ‘mendekat’.

Dari sinilah, qurban memang ditentukan sebagai ibadah yang di antaranya fungsinya adalah mendekatkan diri kepada Allah. Bagi yang telah memenuhi kriteria, terlebih lagi mampu sangat dilazimkan untuk berqurban.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, di awali dengan penjelasan sejarah qurban, tata cara penyembelihan hewan qurban oleh KH. Syaerozi Hasan Sanarip yang juga ketua komite sekolah, kemudian dilanjutkan penyembelihan hewan qurban, lalu pembagian daging qurban diantarkan oleh panitia kerumah – rumah yang berhak menerima, dan di tutup dengan do’a.SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Indramayu Adakan Hewan Qurban


  • Bagikan