Pelayanan Jempol Dari Dinas Dukcapil Dairi Datangi Desa Buluduri

  • Bagikan

Analisnews, Dairi, Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Dairi berikan pelayanan Jemput Bola (Jempol) pengurusan Dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Buluduri Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi yang bertempat di Kantor Desa Bulu Duri, Rabu (15/09/2021).

 

Pelayanan dokumen dukcapil hari ini berupa pengurusan Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA) selesai pada hari ini juga dan semua layanan gratis.

 

Demikian dikatakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si membaca sambutan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dihadapan warga Desa Bulu Duri bersama Camat Lae Parira Ratna Sitanggang diwakili Pelaksana Kasi Tapem Bontor Sianturi, Kades Buluduri Osaka Sihombing.

 

“Berdasarkan UU No.24/2013 tentang Perubahan atas UU No. 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Permendagri No.19/2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan, Pemda wajib memfasilitasi peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, sehingga kegiatan jemput bola ini  adalah salah satu upaya Pemkab Dairi untuk meningkatkan kualitas layanan adminduk”, ujarnya.

 

Warga desa bulu duri harus benar-benar memanfaatkan pelayanan ini untuk mengurus dan menyelesaikan seluruh dokumen administrasi kependudukan yang belum lengkap.

 

Lebih lanjut, Deddy juga mengatakan bahwa pelayanan dukcapil telah tersedia di kantor-kantor Desa dan Kelurahan se – Dairi sehingga pelayanan dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat.

 

“Masyarakat dapat dengan bebas mengurus dan melengkapi dokumen adminduknya, mulai di Dinas Dukcapil,  Kantor Camat, Kantor Desa/Kelurahan sehingga tidak ada lagi alasan masyarakat tidak memiliki identitas atau belum melengkapi dokumen kependudukannya. Selain itu, kerjasama dukcapil dengan RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas se – Dairi berupa penerbitan akta lahir ketika anak lahir di tempat tersebut”, ucapnya.

 

Camat Lae Parira Ratna Sitanggang  yang diwakili Pelaksana Kasi Tapem Bontor Sianturi mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di wilayah Kecamatan Lae Parira khususnya di Desa Buluduri.

 

“Kedatangan Dinas Dukcapil Dairi ke Desa Buluduri ini adalah untuk menuntaskan dokumen adminduk seluruh warga. Ini adalah Program Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang harus kita dukung penuh. Jadi, apabila masih dokumen kependudukan yang belum lengkap, gunakan kegiatan ini untuk melengkapinya.

 

Kades Buluduri Osaka dalam sambutannya, menyambut gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil mengunjungi Desa dalam pelayanan Jempol.

 

“Pelayanan ini sangat kami nanti-nanti karena masih banyak dokumen kependudukan kami belum lengkap. Kami sudah menginformasikan kepada seluruh warga melalui Kepala Dusun agar seluruh warga mengecek kembali dokumennya karena Dinas Dukcapil akan memberikan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan”, ujarnya dengan penuh semangat di depan warganya.

 

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan penyerahan dokumen adminduk yang telah selesai diproses dan diserahkan langsung kepada warga seperti  Akta lahir kepada Suryadi Simanullang dan Roy Simanullang, Kartu Keluarga (KK) kepada Redika pakpahan, KTP-el kepada Abel Lumban Tobing dan KIA kepada Elshanara Sinaga dan Aldo Sianturi.

 

Hasil pelayanan yang dilakukan di Desa Sigambir-Gambir yakni Rekam KTP-el sebanyak 18 orang, Cetak KTP-el sebanyak 73 keping, Cetak Kartu Keluarga (KK) sebanyak 42 lembar, Akta lahir sebanyak 50 lembar, akta perkawinan sebanyak 28 lembar,akta kematian sebanyak 2 orang, cetak KIA sebanyak 200 keping.

 

  • Bagikan