Pemerintah Bahas Pembentukan Badan Air Nasional

  • Bagikan

AnalisNews-Inhu,Tak terasa sudah lebih satu tahun wabah Covid-19. Dampak yang ditimbulkan secara ekonomi sungguh luar biasa. Berbagai kebijakan pembatasan (PPKM) untuk mencegah meluasnya wabah, berdampak signifikan bagi dunia usaha, UMKM dan masyarakat. Banyak usaha yang terpaksa tutup dan berdampak terjadinya banyak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sektor air minum pun ikut terdampak. Bayangkan, sejak pandemi hadir, semua kegiatan dibatasi (lockdown). Sektor niaga, industri, perhotelan, restoran, hingga mall, yang menjadi tulang punggung pendapatan perusahaan air minum, ikut terpukul. Penerimaan dari rekening air nyungsep karena blok konsumsi berpindah ke rumah tangga yang berimbas pada subsidi silang tarif (cross subsidy). Belum cukup itu, karena dampak pembatasan yang menyebabkan banyak terjadi PHK, menyebabkan tidak sedikit pelanggan yang menunda atau bahkan tidak membayar. Ability to pay atau kemampuan membayar masyarakat menurun.

Seperti apa dampak pandemi bagi BUMD AM, dan strategi apa yang harus dilakukan agar pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya? Simak ulasannya di Laporan Utama. Jangan lewatkan ulasan-ulasan menarik lainnya seperti di rubrik Hotspot dan Laporan Khusus.

  • Bagikan