PENTINGNYA LITERASI DIGITAL DI TENGAH PANDEMI

  • Bagikan

ANALISNEWS – Pesatnya perkembangan tekhnologi informasi telah membawa kita ke tatanan dunia yang baru. Berkembangnya tekhnologi

informasi ditandai dengan adanya revolusi industri. Kini dunia tengah berada pada era revolusi 4.0 dan terus maju.

Sebuah tatanan baru yang mengubah sendi kehidupan manusia.
Kehadiran media digital di masa ini telah memudahkan masyarakat

mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dari berbagai penjuru dunia. Tak hanya memberikan

informasi dengan cepat, media digital dalam perkembangannya memberikan banyak manfaat seperti mempermudah interaksi antar masyarakat

(berkomunikasi), dan menjalankan usaha. Namun, di balik semua itu, cepatnya informasi yang tersebar dan diterima masyarakat tanpa dipilih terlebih dahulu bisa berpotensi tersebarnya hoaks.

Hal ini kerap terjadi di antara masyarakat, namun tentu saja hal itu merupakan kesalahan yang harus diedukasi sehigga berita hoaks tidak menyebar.

Munculnya Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak dampak bagi kehidupan masyarakat dalam menjalani kegiatannya sehari-hari.

Mewabahnya virus Covid-19 telah mengubah pola hidup masyarakat yang mengharuskan mereka untuk menerapkan protokol yang ketat ketika berada di luar rumah dan membatasi kontak fisik dengan orang lain.

Saat ini, seluruh penjuru dunia sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan laju perkembangan Covid-19.

Di samping itu, banyak kejadian buruk yang muncul di antara para pengguna media sosial di masa pandemi Covid-19,

contohnya terjadi kasus terkait pencemaran nama baik, penghinaan, bullying, dan penyebaran berita hoaks.

Fenomena-fenomena tersebut menunjukkan bahwa pengguna internet belum paham benar bagaimana cara menggunakam internet yang baik dan benar.

Sejak munculnya pandemi covid saat itu juga para masyarakat dianjurkan untuk melakukan aktivitas didalam rumah.

Dan pada saat itu juga masyarakat semakin intens dalam menggunakan media sosial. Kehadiran media sosial ini sangat digemari sebab dinilai

memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah semua orang dengan mudah mengirimkan pesan atau kabar karena sudah saling terhubung oleh media sosial.

Trend penggunaan media sosial saat pandemi ini ternyata membawa banyak masalah. Selain masalah penyebaran hoaks, adapula masalah lainnya seperti penggiringan opini oleh akun buzzer, cybercrime dan lainnya.

munculnya gerakan literasi digital ini dianggap penting karena berperan dalam menghadapi berita hoaks. Literasi digital menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis maupun kreatif.

Mereka tidak akan mudah termakan oleh isu yang provokatif, menjadi korban informasi hoaks, atau korban penipuan yang berbasis digital.

Dengan demikian, kehidupan sosial dan budaya masyarakat pada masa pandemi Covid-19 akan cenderung aman dan kondusif.

Gerakan literasi digital akan menciptakan pola pikir kreatif dan kristis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

karena adanya gerakan literasi digital akan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat dan mendapatkan bahan bacaan yang berkualitas dalam mengisi waktu di tengah pandemi Covid-19.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media

digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat

informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka

membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital memiliki peran penting dalam keterlaksanaan daring atau pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19.

Adanya literasi digital yang menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baru dalam proses pembelajaran di masa yang akan datang.

Penulis : IRA

  • Bagikan