Satkat Koarmada II Bekali Siswa Dikmata Kodiklatal dengan Latihan VBSS

  • Bagikan
latihan praktek Visit Board Search and Seizure (VBSS) di KRI Mandau-621 yang dikomandani oleh Letkol Edy Setyawan, S.E., dan KRI Keris-624 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Fadlon, pada Rabu (15/9).

ANALISNEWS, NASIONAL – Guna melatih Siswa Dikmata XL/2 Jur Eta Kodiklatal Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II melaksanakan latihan praktek Visit Board Search and Seizure (VBSS) di KRI Mandau-621 yang dikomandani oleh Letkol Edy Setyawan, S.E., dan KRI Keris-624 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Fadlon, pada Rabu (15/9).

Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu diadakan pengarahan / petunjuk kepada seluruh personel yang terlibat tentang materi serta prosedur dalam pelaksanaan di lapangan.

Dalam pelatihan tersebut para siswa Kodiklatal mendapatkan materi mengenai pengertian VBSS, Type of Boarding, Tahapan Boarding, Hallway Prosedur, kegiatan yang dilaksanakan sebelum aksi, prosedur melewati tangga dan prosedur penanganan tawanan, dan seterusnya.

Dansatkat Koarmada II Kolonel Laut (P) Awang Bawono, mengatakan, “Kemampuan melaksanakan VBSS wajib dimiliki oleh seluruh personel TNI AL sebagai penangkal dan lawan bagi setiap upaya pelanggaran ataupun tindak pidana di laut yang menggunakan laut sebagai medianya. Saya berharap agar para siswa memanfaatkan latihan praktek ini dengan sebaik-baiknya dengan mengikuti petunjuk dan arahan dari para instruktur”, Jelas Kolonel Awang.

Disamping itu Kolonel Awang menambahkan bahwa latihan praktek ini sekaligus untuk mengukur skill, tingkat kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit di jajarannya, sesuai arahan dari Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han) yang merupakan implementasi dari perintah KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membangun SDM yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman. (Tya)

  • Bagikan