Asah Kemampuan Laut Prajurit Yonmarhanlan VI Makassar Latihan Selam Di Pulau Kodingareng

  • Bagikan

ANALISNEWS (Makassar). Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar menggelar Latihan selam laut di Pulau Kodingareng dalam rangka memelihara serta meningkatkan profesionalisme prajurit. Makassar. Rabu (20/10/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonmarhanlan VI Makassar Letkol Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.Tr.Opsla., dilaksanakan untuk me-refresh kemampuan prajurit selain itu juga kegiatan ini untuk menunjang penyiapan pelaksanaan Satuan tugas seperti pencarian dan penyelamatan (Satgas SAR) baik di laut, sungai maupun akibat bencana banjir yang seringkali terjadi di wilayah Sulawesi selatan.

“Pada dasarnya kemampuan menyelam harus dimiliki oleh semua personeI ditambah lagi Yonmarhanlan VI┬ámerupakan salah satu Batalyon unsur Pertahanan Pangkalan” ujar Danyonmarhanlan VI.

Kegiatan yang diawali dengan pemanasan, pengenalan kembali pengetahuan dan kemampuan dasar dalam penggunaan peralatan selam untuk aktivitas Snorkling dan penyelaman Scuba secara aman dan benar. Latihan selam yang dilaksanakan dilaut ini adalah lanjutan dari Latihan Keterampilan Kolam (LKK) yang sebelumnya dilaksanakan di Kolam renang Tirto Sagoro Lantamal VI.

“Sebelum turun kelaut terlebih dahulu seluruh personil diwajibkan untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ikuti setiap prosedur pelatihan yang diberikan oleh para instruktur, utamakan faktor keamanan dalam setiap problem latihan selam karena selam merupakan olahraga yang membutuhkan pelatihan yang intensif, terkontrol dan berkelanjutan” tambah Danyonmarhanlan VI.

Selama kegiatan latihan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan pandemi Covid-19.

Red (575 Dispen Kormar )

  • Bagikan