Camat Lape menghimbau Desa-desa di Kec. Lape agar ikut serta sukseskan Kesejahteraan Petani

  • Bagikan

Analisnews.sumbawa. Himbauan Camat Lape guna mensukseskan program kesejahteraan Petani di wilayah kecamatan Lape sangat menjadi perhatian khusus, semenjak dilantik 2 tahun lalu pada 7 Januari 2020. Camat Lape sudah menilai bahwa permasalahan yang dihadapi di wilayah kecamatan Lape diantaranya Permasalahan Suplai Air Irigasi.

Saluran irigasi pertanian

Sehingga pada akhirnya Camat Lape Elvi Wahyuni, SH menuturkan bahwa perlunya kerjasama antar Pemerintah Kecamatan, Desa-desa dan Muspika agar ikut berperan memaksimalkan Potensi Keberadaan saluran Air Irigasi. Atas himbauan tersebut setiap 3 bulan sekali Camat melaksanakan Rapat Evaluasi agar dapat menyelesaikan kebutuhan pasokan air dilahan pertanian. Hal ini sangat diperlukan untuk mencapai hasil panen yang maksimal.
Namun Camat Lape telah menemukan beberapa aspek-aspek yang mengakibatkan suplai Air yang terbatas dikarenakan masalah Penyegelan dan sebagainya. Semenjak Menjabat beliau mengonfirmasikan bahwa dimusim tanam ke 2 dan ke 3 penyegelan tersebut dapat diatasi dengan koordinasi antar Desa, Muspika dan pengaktifan kembali klontong-klontong liar serta tim Irigasi, KP3A dan semua unsur-unsur yang dapat mengupayakan kebutuhan Petani untuk suplai air semaksimal mungkin. Papar, Camat Lape Elvi Wahyuni, SH.
Sedangkan upaya penanganan Sampah di kecamatan lape masih menjadi PR yang belum terselesaikan. Selama menjabat Camat Lape telah berhasil membawa kecamatan Lape sebagai Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat(STPM). Bu Camat, sapaan Akrab beliau mensyukuri hal tersebut. Perencanaan di adakannya TPA atau TPS yang sebagai Tempat Pengelolaan dan Pembuangan Sampah diharapkan segera terealisasi agar penerapan Peraturan atas keberadaannya TPA atau TPS tersebut dapat mengatasi problem sampah secara keseluruhan di wilayah Kecamatan Lape. Namun pada aspek sarana air bersih Pemerintah Kecamatan Lape telah bekerjasama dengan pihak PDAM memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Harapan Ibu Camat agar dapat membawa Masyarakat, khususnya Petani dengan keberadaan fasilitas tersedia menjadi bermanfaat secara keselurahan sehingga mencapai tujuan Kesejahteraan Petani.
Senada dengan Kades Desa Dete Muhiddin mengonfirmasikan bahwa Titik air poksimas ada di desa dete dan di kelola BUMDES, Lanjut kades, Dan Alhamdulillah di tahun ini desa dete juga mendapat program lanjutan Yaitu kelanjutan pipanisasi dan pemasangan air bersih di tiap-tiap rumah warga sebanyak 203 sambungan rumah, saat ini tengah di kerjakan lanjutan dari pada poksimas itu, dengan dukungan masyarakat dari semua elemen dan kami akan mengelola sendiri, dan kami sudah menyepakati bersama BPD untuk ke depannya akan di kelola oleh BUMDES seperti PDAM itu oleh BUMDES desa dete. Dan alhamdulillah berjalan dengan baik sejauh ini, dengan air bersih tadi yang menjadi cukup pelik di desa Dete, dan walaupun satu titik kami juga mendapat dukungan dari dinas PRKP, dan semoga apa yang kami canangkan program selanjutnya berjalan dengan sesuai harapan.
Harapan Kades,” Semoga dengan hal ini kami dan pihak pemerintah desa itu mendapat support do’a dari segenap lapisan masyarakat guna memutuskan apa yang menjadi program kerja kita.
Intinya kami sangat mengharapkan dukungan dari semua unsur untuk bisa ambil bagian di dalam hal ini guna suksesnya pelaksanaan kegiatan yang memang diberikan oleh pemerintah untuk kecamatan lape. Lanjutnya, Kami juga berharap semoga akan bisa bermanfaat dan sangat kami harapkan dalam penggunaan air nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat desa lape.
Sedangkan harapan ibu camat, “harapan saya semoga dengan kekompakan kami ini bersama 4 kades dan muspika bisa benar benar kami eratkan karena saya merasa saya tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari para kades dan muspika. (Adt.sbw)

  • Bagikan