Lapas kelas IIA Kotabaru Panen Perdana Ikan Lele

  • Bagikan

ANALISNEWS, KOTABARU – Petugas dan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru berhasil panen perdana ikan lele, Sabtu  (16/10/21).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kotabaru Hidayat mengatakan, hasil ikan lele ini merupakan hasil budidaya pada kolam ikan air tawar dengan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) yang merupakan salah satu program pembinaan bagi warga Binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kotabaru.

“Panen ikan lele ini merupakan yang pertama kali sejak Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Budidaya Ikan Air Tawar ini diresmikan.” Hidayat menuturkan.

Hidayat mengatakan, kolam Budidaya ikan air tawar ini dibuat dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, dan Budidaya ikan air tawar ini dibuat sebagai salah satu program pembinaan kemandirian para Narapidana (Napi) yang sebelumnya kita adakan pelatihan dan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotabaru.

Dipilihnya ikan lele ini lanjut Kalapas, bahwa budidaya ikan lele mempunya nilai jual yang sangat baik dan dalam pembudidayaannya, mulai dari bibit sampai masa panen tidak memakan waktu terlalu lama,” katanya.

Kemudian lanjutnya, masih banyak lagi ikan lele yang akan siap kita panen kembali, dan ini akan kita panen pada kesempatan selanjutnya kemudian pasarkan.

“Dalam pelaksanaan panen perdana ikan lele ini kita menerapkan protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Saya berharap semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu,” ujarnya. (zn)

  • Bagikan