Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal ) Korem 121/Abw Resmi ditutup.

  • Bagikan
Penutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal )
Penutupan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal ) Korem 121/Abw bertempat di MaKodim 1202/Singkawang, dok foto istimewa

Analisnews, Singkawang, Kalbar – Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal ) Korem 121/Abw yang dilaksanakan mulai tanggal 26 sd 30 Oktober 2021 telah berakhir pada Sabtu (30/10/2021) ditandai dengan upacara penutupan.

Diketahui bahwa, pelaksanaan latihan selama 5 hari yang bertempat di Makodim 1202/Singkawang.

Dalam Upacara penutupan latgulbencal ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Danrem 121/Abw yang diwakili oleh Kasiops Kasrem 121/Abw, Kolonel Inf Iwan Purbantoro.

Dalam amanatnya Danrem 121/Abw yang dibacakan oleh Kasi Ops Kasrem 121/Abw, mengatakan bahwa, dengan telah berakhirnya latihan penanggulangan bencana alam ini, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 121/Abw TA. 2021 ini dapat kita laksanakan dengan baik, lancar dan aman.

Danrem 121/Abw berharap kepada para peserta latihan agar materi yang telah diterima selama melaksanakan latihan, hendaknya benar-benar dipahami, terus dipelihara, ditingkatkan dan dikembangkan, dengan penuh inovasi dan kreatifitas, sesuai dengan perkembangan situasi yang terjadi.

“Ini  sangat penting, karena kenyataan atau permasalahan  aktual di lapangan, selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda,” ungkap Danrem dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasi Ops.

Penutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal )
Penutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal ) Korem 121/Abw bertempat di Kodim 1202/Singkawang

“Kita semua berharap, dengan latihan ini  terjadi peningkatan kemampuan, khususnya kemampuan koordinasi pimpinan unsur-unsur/instansi yang terkait dalam melaksanakan prosedur penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

Oleh karenanya, maka pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan kemampuan serta koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, sehingga kita senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin perkembangan situasi dan kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Agar setiap saat kita siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana,” jelasnya.

Semangat dan kesungguhan para peserta dalam melaksanakan latihan sudah cukup baik, pemahaman terhadap materi juga sudah memadai baik dari anggota TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, Tagana, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan  dan Badan Lingkungan Hidup telah mampu melaksanakan komando pengendalian dan kerjasama dengan unsur-unsur yang terlibat di dalam operasi penanggulangan bencana alam ini.

“Untuk itu, kemampuan tersebut harus terus dipelihara, dipertahankan dan ditingkatkan dengan terus belajar dan berlatih, sehingga pada saatnya nanti dibutuhkan dalam penugasan, kita sudah siap secara profesional,” pungkas Brigjen TNI Ronny.

Setelah upacara penutupan dilanjutkan foto bersama dan pembagian piagam penghargaan kepada Polres, Pol PP, BPKS, BPBD, Manggala Agni, Orari, Basarnas kota Singkawang.(Sumber Press Release Penrem 121/Abw)

  • Bagikan