TNI AL Gelar Latihan Operasi Penanggulangan Bencana di Banten

  • Bagikan
TNI AL dalam hal ini Koarmada l menggelar latihan operasi penanggulangan bencana yang diawali dengan gelar apel pemeriksaan pasukan dan kesiapan satgas oleh Panglima Koarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. di Dermaga Indah Kiat, Jumat (15/10/2021).
ANALISNEWS, BANTEN – TNI AL dalam hal ini Koarmada l menggelar latihan operasi penanggulangan bencana yang diawali dengan gelar apel pemeriksaan pasukan dan kesiapan satgas oleh Panglima Koarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. di Dermaga Indah Kiat, Jumat (15/10/2021). Kegiatan latihan dilanjutkan dengan demo penanggulangan bencana tsunami.
Demo tsunami diawali dengan jatuhnya korban yang cukup banyak, sehingga semua unsur yaitu yang tergabung dalam Satgas SAR, Satgas Evakuasi, dan Satgas kesehatan bersama-sama membantu untuk mencari, mengevakuasi dan menampung korban-korban tersebut ke tempat yang aman sekaligus dilakukan pemeriksaan terhadap korban yang mengalami luka-luka.

Menurut Pangkoarmada l, latihan ini sebagai salah salah satu bentuk sinergi antara TNI dan pemerintah daerah serta penjabaran tugas operasi militer selain perang TNI dalam rangka membantu menanggulangi akibat bencana alam dan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan SAR.

Latihan penanggulangan bencana alam meliputi geladi posko di Kolat Koarmada l dan Mako Lanal Banten. Manuver lapangan dilaksanakan di Selat Sunda serta diikuti oleh unsur-unsur dari Koarmada l, Lantamal lll, Lanal Banten, dan instansi terkait seperti Basarnas, Satpolair, BPBD Prov Banten serta pendukung lainnya.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kontijensi yang terjadi berkaitan dengan bencana alam. Sekaligus mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung serta keterpaduan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

Dispen Koarmada l/har/taufik

  • Bagikan