Waspada! Berikut Beberapa Penyakit Yang Disebabkan Karena Asbes, Simak!

  • Bagikan

ANALISNEWS, NASIONAL – Jika mendengar ucapan bahwa asbes dapat mengancam kesehatan mungkin bagimu itu suatu hal yang berlebihan, padahal hal itu benar. World Helath Organitation (WHO) sendiri telah menyatakan bahwa semua jenis asbes sebagai bahan Karsinogenik (Penyebab Kanker). Bahwasannya Chrysotile atau Asbes putih terbukti dapat mengakibatkan asbestosis, kanker paru, mesothelioma dan kanker laring dan ovarium (IPCS, 1998; WTO, 2001; IARC, 2012; WHO, 2014; Collegium Ramazzini, 2015).

Rumahmu mungkin tidak menggunakan asbes tetapi bisa saja tempat kerjamu menggunakan asbes, maka dari itu kita harus terus tetap waspada. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa penyakit yang disebabkan karena asbes.

1.Mesothelioma

Di urutan pertama ada mesothelioma ganas yaitu merupakan kanker yang agresif dan tidak bisa disembuhkan. Kanker ini memiliki prognosis yang buruk, hal itu membuat banyak pasien meninggal dalam jangka waktu yang cukup pendek yaitu 1 tahun. Setelah didiagnosis hal tersebut dipicu oleh asebes yang timbul di bagian sel mesothelial pleura atau lapisan paru-paru, peritoneum atau lapisan rongga perut, selain itu mesothelioma hampir tidak pernah timbul di tempat lain.

Oada dasarnya meshothelioma merupakan jenis yang paling umum, setidaknya penyakit tersebut telah mencapai presentase sebesar 75% kasus. Biasanya penyakit ini timbul mulai dari 20 hingga 50 tahun setelah paparan awal terhadap asbes.

2.Kanker paru-paru

Siapa sangka bahwa hal yang kita pikir tidak berbahaya justru malah membuat kita terserang penyakit yaitu asbes. Asbestosis sendiri dapat menyebabkan kanker paru-paru yang erat kaitannya dengan kanker paru-paru dari penyebab lainnya. Pada umumnya perkembangan kanker paru-paru yaitu sekitar 20 hingga 30 tahun. Terdapat presentase sebanyak 3% hingga 8% kanker paru yang disebabkan karena asbes. Gejala yang ditimbulkan antaralain batuk kronis, nyeri dada, sesak napas, hemoptisis (batuk darah, sesak napas, menurunnyaberat badan dan kelelahan.

3.Asbestosis

Selanjutnya tent ada asbestosis penyait yang identik denganasbes yaitu penyakit paru-paru kronis yang dipicu karena jaringan parut jaringa paru-paru. Hal itu diakibatkan karena penderita menghirup serat-serat asbes dalam jangka waktu yang panjang. Penyakit ini mempengaruhi bagian dasar paru-paru dan pada umumnya akan muncul 15 tahun setalah paparan awal. Hal tersebut terjadi setelah paparan tinggi atau paparan jangka panjang.

4.Plak pleura

Penyakitnya selanjutnya yaitu plak pleura yaitu penyakit yang disebabkan akrena paparan asbes yang paling umum terjadi. Penyakit tersebut merupakan area terbatas dari fibrosis hilbridis (tambalan penebalan). Penyakit ini biasanya berkembang antara 20 sampai 40 tahun setelah paparan pertama.

5.Penebalan pleura

Masih seputar pleura dimana penebalan pleura pada umumnya adalah masalah yang dapat terjadi setelah terkena paparan asbes berat, lapisan oaru-paru (pleura) akan mengental dan mengalami pembengkakan. Ketika hal tersebut memburuk, maka paru-paru sendiri dapat diperas dan dapat menyebabkan sesak napas serta ketidaknyamanan pada bagian dada.

Nah itulah informasi seputar beberapa penyakit yang disebabkan oleh asbes yang sudah kami sampaikan. Kamu mungkin tidak menyangka bahwa asbes yang biasanya digunakan untuk atap bangunan ternyata memiliki bahaya yang serius bagi kesehatan tubuh kit.

Maka dari itu kita harus tetap waspada dan usahakan untuk menggunakan masker ketika bekerja sebab kita tidak akan tahu apa saja yang dapat masuk ke bagian paru-paru kita. semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

  • Bagikan