5 Tips Sewa Apartemen Bulanan yang Hemat Bujet

  • Bagikan

Tinggal di apartemen bisa jadi pilihan tepat di zaman sekarang. Keterbatasan lahan bisa menjadi salah satu penyebab apartemen jadi pilihan tempat tinggal yang nyaman. Jika Anda belum punya bujet yang memadai untuk beli apartemen, maka sewa apartemen bulanan akan jadi jalan terbaik. Berikut ini adalah 5 tips yang dapat diterapkan agar bisa sewa apartemen dengan bujet terbatas.

1. Tetapkan Bujet Dulu

Pertama, tentukan dulu berapa banyak bujet yang bisa dikeluarkan untuk menyewa apartemen. Penentuan bujet ini sangat penting untuk dilakukan demi membatasi anggaran Anda. Saat Anda belum menerapkan batas bujet maka Anda tidak akan bisa mendapatkan harga yang murah. Sebaliknya, Anda justru bisa saja memilih apartemen yang biayanya jauh di atas bujet.

Dengan adanya batasan bujet, maka akan jauh lebih mudah untuk berhemat. Batasan bujet ini akan menjadi acuan bagi Anda untuk mencari apartemen. Jika harga sewa apartemen jauh dari batasan bujet yang sudah ditentukan maka lewati saja. Penentuan bujet juga sangat penting agar Anda tetap punya dana cadangan setelah membayar sewa apartemen.

2. Sesuaikan Unit dengan Kebutuhan

Banyak sekali tipe apartemen yang bisa Anda temukan saat ini. Mulai dari tipe unit yang besar dengan 2 kamar atau tiga kamar hingga unit apartemen kecil yang hanya memiliki 1 kamar. Pilihlah tipe unit yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya hanya diri sendiri yang bisa mengetahui seperti apa kebutuhan tempat tinggal Anda.

Misalnya, jika Anda tinggal sendiri maka pilihlah unit apartemen yang kecil. Apabila Anda sudah ada pasangan maka pilih unit apartemen yang paling tidak punya 2 kamar. Sesuaikan juga pilihan unit apartemen dengan rencana Anda selama beberapa tahun ke depan. Contoh paling sederhana adalah rencana menikah dan punya anak.

3. Lakukan Survei Langsung

Agar bisa mendapatkan harga sewa apartemen bulanan yang terjangkau, cobalah untuk melakukan survei secara langsung. Jangan mudah percaya dengan iklan-iklan yang tersebar di media sosial. Hindari juga memilih apartemen sewa dengan perantara. Sangat disarankan untuk melakukan pencarian apartemen sendiri agar bisa benar-benar sesuai dengan bujet yang telah ditentukan tadi.

4. Lihat Dulu Fasilitas Apartemen

Tinggal di apartemen menjadi sebuah pilihan tepat karena jenis tempat tinggal ini memang nyaman untuk dihuni. Biasanya apartemen sudah lengkap dengan segala fasilitas yang akan Anda butuhkan. Agar bisa hemat biaya sewa, coba lihat dulu ada fasilitas apa saja di apartemen tersebut. Cari tahu apakah apartemen disewakan sekaligus dengan isinya atau tidak, lalu lihat juga fasilitas umum apa saja yang disediakan oleh pihak pengelola.

Jika fasilitasnya lengkap maka biaya sewa yang Anda bayarkan pasti tidak akan terasa sia-sia. Justru dengan fasilitas yang lengkap tersebut Anda akan merasa biaya sewa jadi jauh lebih murah. Usahakan Anda mendapatkan apartemen sewa yang fasilitasnya lengkap sesuai dengan kebutuhan.

5. Lakukan Negosiasi

Demi mendapatkan harga sewa yang terjangkau, cobalah untuk melakukan negosiasi dengan pemilik apartemen. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak mendapatkan harga sewa yang terlalu tinggi. Langsung diskusikan biaya sewa apartemen dengan pemiliknya. Cobalah tawarkan harga sewa yang lebih rendah untuk menghemat bujet Anda.

Sewa apartemen bulanan bisa jadi langkah bijak bagi Anda untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Pilihlah apartemen yang tepat dan pastikan untuk mendapat harga sewa yang paling bersahabat. Tak ada salahnya untuk berdiskusi dan meminta rekomendasi dari orang-orang yang sudah punya pengalaman menyewa apartemen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan