Diduga Oli Mencemari Tanah, LSM AMPEL Adukan PD. LAKSANA jaya Ke Polres Kota Tangerang (Tigaraksa)

  • Bagikan

Tangerang, AnalisNews 13/12/2021 | Limbah B3 Berupa Jenis Minyak pelumas Bekas atau dikenal dengan Oli Bekas, Jenis limbah oli bekas pada umumnya dihasilkan dari penggunakan oleh peralatan yang sedang bergerak, atau mesin, atau mesin kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, dan truck serta bersumber dari mesin generator listrik (genset).

Limbah B3 jenis pelumas oli diketahui karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.
Apabila logam berat tersebut masuk kedalam tubuh kita dan terakumulasi, maka akan mengakibatkan kerusakan ginjal, gangguang fungsi syaraf, dan penyakit kanker. Oli bekas juga dapat menyebabkan tanah kurus dan kehilangan unsur hara. Sedangkan sifatnya yang tidak dapat larut dalam air juga dapat membahayakan habitat air,

selain sifatnya yang mudah terbakar. Bagaimana jika ada perusahaan jasa perbaikan mesin yang membuang oli bekas mesin langsung ke tanah?
Dalam hal ini Lembaga Swadaya Masyarakat AMPEL Indonesia melaporkan perusahaan PD. Laksana Jaya didesa dukuh kecamatan cikupa ke polres tigaraksa polda banten, pasalnya perusahaan dibidang jasa perbaikan mesin diduga membuang limbah B3 jenis cair, (Oli) langsung ke tanah dan membiarkan oli tersebut berserakan di saluran air warga.

“Ya kami sudah adukan hal tersebut ke Dinas lingkungan hidup kabupaten tangerang dan hari ini kami sudah kirim surat aduan ke polres Kota Tangerang (Tigaraksa), kami meminta Kapolres dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup cepat menindak aduan kami atas dugaan perbuatan melawan hukum percemaran lingkungan hidup oleh PD. Laksana Jaya.” Tegasnya Ketua Tim Investigasi yang biasa di sapa ucok.

(Supriadi)

  • Bagikan