Pemanfaatan Avermedia Pada Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Corona

Sakinah, Guru Fisika SMAN 1 Pekalongan
Sakinah, Guru Fisika SMAN 1 Pekalongan

Analisnews, Nasional – Dalam dunia pendidikan, guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di kelas baik secara online maupun offline. Sehubungan dengan tugas ini, guru hendaknya selalu memikirkan tentang bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, diantaranya dengan membuat perencanaan pembelajaran dengan seksama dan menyiapkan sejumlah perangkat pembelajaran yang tepat guna. Tidak kalah pentingnya dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pembelajaran saat ini, guru juga dituntut agar dapat mengupayakan terciptanya kondisi pembelajaran yang efektif.

Dalam hal penggunaan media dalam dunia pendidikan atau yang sering disebut dengan media pembelajaran menurut UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 40 ayat 2, pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan logis. Untuk menerapkan apa yang tertulis dalam Undang-Undang Sisdiknas dalam pembelajaran , guru tidak bisa mengajar hanya dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat membuat siswa merasa bosan akibatnya siswa tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Maka untuk mengatasi hal tersebut penggunaan media seperti Avermedia sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan, apalagi di masa pandemi covid seperti sekarang ini.

Kendala lain yang timbul yaitu kurang antusiasme siswa dalam pelajaran, sehingga sulitnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Ketidak aktifan siswa ini perlu dicermati , karena kenyataan di lapangan masih banyak ditemukan produk ilmu tanpa memberi kesempatan kepada keterbatasan alat peraga, waktu dan kurang aktifnya guru dalam proses pembelajaran (Qorry, 2006:6).

Merebaknya wabah pandemi corona telah memberikan dampak salah satunya perubahan pada cara belajar peserta didik kita. Selama ini, pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas, dimana pendidik dan peserta didik berada dalam ruang kelas yang sama, belajar dan berinteraksi secara langsung. Tetapi dengan adanya wabah yang dikhawatirkan akan merambah pada keehatan kita semua, maka pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan istilah yang kita kenal yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh telah berjalan dari bulan Maret 2020 sampai saat ini, walaupun sekarang sudah diterapkan PTM Terbatas. Tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini tidak sama dengan yang biasa di kelas dilaksanakan sebelumnya. Tentu dengan perubahan yang terjadi, dunia pendidikan tetap harus dapat berjalan dengan mengikuti adanya panduan yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kreatifitas berbagai pihak terkait pendidikan dikembangkan sebagai upaya menyukseskan pendidikan dengan memperhatikan berbagai aspek penyuksesannya diantaranya adalah media pembelajaran.

Salah satu hal penting dalam pembelajaran adalah media pembelajaran. Kalau pembelajaran di kelas tentu akan mudah didapatkan dan digunakan bersama-sama oleh peserta didik dalam pembelajaran, hal ini karena memang sudah dipersiapkan oleh sekolah. Lalu bagaimana dengan situasi sat ini ketika pembelajaran dilaksanakan di rumah? Pendidik selama ini menyajikan materi pembelajaran dengan presentasi dan diskusi langsung dengan peserta didik, melaksanakan praktikum beberapa mata pelajaran langsung, baik di lab atau di kelas. Lalu bagaimana sekarang?

Foto penggunaan avermedia daring
Foto penggunaan avermedia daring

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga banyak sekali pertanyaan siswa yang mengatakan kenapa ya fisika itu susah dan selalu membuat kita stress? Guru menjelaskan di kelas saja kami tidak paham, apalagi sekarang harus belajar daring? Stress juga lama-lama berhadapan dengan fisika yang banyak sekali rumus yang membuat kami tambah tidak suka dengan pelajaran ini. Kalimat itu sering terlontar dari para siswa kita. Apalagi sekarang harus mengikuti pembelajaran fisika jarak jauh karena adanya Covid -19.

Pada kegiatan pembelajaran di sekolah, baik itu SMA atau SMK siswa tentu menjumpai berbagai macam mata pelajaran. Dari sekian banyak mata pelajaran, tentu tidk semua dapat langsung dipahami dengan mudah oleh siswa. Selain karena fokus siswa yang terbagi untuk mempelajari benyaknya materi, juag karena memang mapel itu endiri sulit untuk dipelajari. Salah satu mata pelajaran yang siswa sepakat untuk menyebutnya sulit adalah mata pelajaran fisika. Fisika dipandang sebagai mata pelajaran yang menjadi momok menakutkan bagi siswa di sekolah. Rumus- rumus yang beragam, cara perhitungan yang tidak mudah, kata-kata yang rumit, merupakan beberapa alasan siswa kesulitan dalam mempelajari materi fisika. Padahal bagi siswa SMA yang mengambil jurusan IPA, atau SMK yang mengambil jurusan terkait, tidak bisa jauh-jauh dari fisika. Sebab mereka akan menjumpai materi fisika SMA di kelas 10, 11 dan kelas 12, baik semester ganjil atau genap.

Guru dituntut kreatif dalam memberikan materi fisika sehingga peserta didik bisa memahami materi yang kita berikan dengan baik dan memperoleh hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk mengubah paradigma fisika adalah pelajaran yang paling sulit kita bisa mencoba menggunakan suatu media pembelajaran yaitu AVERMEDIA .

Avermedia adalah seperangkat alat seperti OHP yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar baik secara daring ataupun luring. Alat ini sangat membantu bagi kami guru dalam memberikan materi Fisika kepada siswa pada masa pandemi seperti sekarang , karena dengan avermedia, kita bisa menjelaskan materi fisika lebih jelas seperti kita menjelaskan secara langsung di kelas. Penggunaan alat ini sangatlah mudah, pada saat Kegiatan Belajar Mengajar secara Daring, kita bisa menggunakan LMS google Classroom, zoom, ataupun Microsoft 365 yang dihubungkan dengan avermedia, sehingga kita bisa menjelaskan materi Fisika dengan menulis dan menjelaskan secara langsung seperti kita menjelaskan di papan tulis.

Foto penggunaan avermedia pada saat ptm terbatas
Foto penggunaan avermedia pada saat ptm terbatas

Pada saat PTM Terbatas di sekolah kami untuk satu kelas menempati dua ruangan , sehingga penggunaan AVERMEDIA sangat dibutuhkan pada saat PTM Terbatas. Dengan menggunakan dua ruangan untuk tiap kelasnya , maka siswa dan guru tetap bisa menjaga jarak sesuai aturan baru di masa pandemi. Pada saat PTM terbatas, avermedia dihubungkan dengan layar LCD , sehingga kita bisa menjelaskan materi Fisika dan bisa dilihat oleh semua siswa di ruangan yang berbeda.

Satu hal lagi bahwa pemanfaatan media pembelajaran sangat membantu dalam pemahaman konten pembelajaran dan menumbuhkan sikap yang baik, serta ketrampilan dalam penguasaan kontens atau pesan pembelajaran. Jadi tunggu apalagi, ayo manfaatkan media pembelajaran baik yang bisa dalam jaringan atau luar jaringan. Mari kita semua berkraesi agar dapat berkontribusi bagi peningkatan mutu pembelajaran kedepannya.

Oleh : Sakinah, S.Pd (Penulis Guru Fisika pada SMAN 1 Pekalongan)

Penulis: Sakinah, S.Pd.