BOGOR  

DPC PWRI Kab Bogor Gelar Pelatihan Jurnalistik Profesional, Ciptakan Jurnalis Berkompeten

ANALISNEWS, Bogor

Program kerja DPC PWRI (Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Kabupaten Bogor diantaranya adalah pendidikan pelatihan jurnalistik profesional.

Pelatihan jurnalistik diselenggarakan di Hotel M One Cibinong Selasa 18/01/2022 telah dihadiri oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Ketua Umum PWRI, Ketua Bidang Pendataan dan Verifikasi SMSI, dan Pakar Hukum Kejurnalisan UIKA, dengan peserta 120 jurnalis dari berbagai media yang tergabung di DPC PWRI Kabupaten Bogor.

Acara pelatihan dibuka langsung oleh Sekretaris Umum PWRI dan dilanjutkan sambutan bupati yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor yang menekankan aspek bahwa kegiatan positif ini harus sesuai dengan kode etik jurnalis.


Sementara Ketum PWRI, DR. Suriyanto PD, SH,MH, M.Kn mengatakan, “Pelatihan jurnalistik profesional harus beretika karena ada empat jenis berita diantaranya seperti berita fakta, pernyataan, dan investigasi. Untuk menciptakan jurnalis yang berkompeten maka semua jurnalis yang ada di wadah PWRI itu harus UKW terkait dana silahkan ajukan ke Bupati insya Allah bisa”.

“Profesional dalam jurnalistik ini harus fakta sesuai dengan 5W +1H secara hukum semuanya harus beretika ďengan cara konfirmasi bukan dengan cara pĺagiat,” lanjutnya.

“Media online harus sesuai dengan UU ITE, media Cetak itu UU KUHAP. Jadi rule of law lebih jelas dan tegas. Kedepannya wartawan yang belum UKW maka tidak boleh memegang ID Card Jurnalis, hanya dikasih surat magang di PT media tersebut kalau sudah 3 tahun ikut UKW maka berhak memakai Kartu media tersebut,” pungkasnya

Pada bagian lain, Ketua Bidang Pendataan dan Verifikasi SMSI, Bernandus Wilson Lumi mengajak semua pengelola media yang hadir dalam pelatihan ini agar mengikuti aturan perundang-undangan yang ada.

“Secara legal formal, media dalam tugasnya sebagai sumber informasi yang benar harus menimal terverifikasi administrasi. Tahapan ini juga merupakan salah satu alat ukur standar mutu media kita. Janganlah merasa terbeban untuk mengikuti verifikasi,” jelas Wilson.

Sementara Rohmat Selamat SH MKn selaku Ketua DPC PWRI Kabupaten Bogor, mengatakan, pelatihan ini digelar tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi Jurnalistik kawan kawan media. “Dan semoga kedepan kita akan terus berupaya agar kawan kawan media bisa lebih Sejahtera dan tambah bermartabat di mata pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

“Mengkritiklah dengan membangun menggunakan solusi bukan semata karena sensi, Lakukan hal terbaik sebagai jurnalis untuk membangun negeri ini. Jurnalis mengemban tanggung jawab dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam berbangsa dan bernegara.” Paparnya.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan tertib serta damai dan selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak guna untuk memutus kan tali rantai Covid 19,” tutupnya

Hendrik (erick)

Penulis: Hendrik ( Erick Tea )Editor: Basirun