Kota Pekalongan Sebagai Rujukan Pelaksana RPH Representatif

ANALISNEWS, pekalongan – Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pekalongan menerima kunjungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati pada Jum’at kemarin (21/02/2022)

Rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati tiba pada hari Jumat dini hari dan melihat langsung proses pemotongan hewan di RPH didampingi tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan. Kemudian Jum’at pagi rombongan disambut kembali dalam pertemuan yang diadakan di aula Dinperpa Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum menuturkan pihaknya memilih Kota Pekalongan karena telah menjadi rujukan di Provinsi Jawa Tengah sebagai pelaksana RPH yang representatif. Tahun 2022 ini Kabupaten Pati mendapatkan anggaran dari Pusat untuk membangun RPH. Beliau berharap dapat mengaplikasikan pelayanan pemotongan hewan Kota Pekalongan ini di wilayahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Drs. Muadi, M.Si mengapresiasi kunjungan dari daerah yang terkenal dengan pengolahan kacang tersebut. Kegiatan semacam ini, menurutnya sebagai ajang silaturahmi dan saling sharing pengoptimalan RPH. Beliau mendukung penuh pembangunan RPH di Kabupaten Pati, sehingga dapat memberikan pelayanan untuk menyediakan daging hewan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Disisi lain Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Illena Palupi menuturkan saat ini RPH Kertoharjo sudah aktif melayani pemotongan hewan setiap harinya. Sedangkan untuk sarana dan prasarana akan terus disempurnakan serta meningkatkan kualitas SDM pelayanan RPH (tim/red)