Polsek Baamang melaksanakan pengamanan dan pengawasan perjalanan Orang Di Pos Pelayanan Bandara H.Asan Sampit.

Kotim (23/01/2022) – Polsek Baamang jajaran Polres Kotim Polda Kalteng, melaksanakan pengamanan dan pengawasan perjalanan orang di Bandara H. Asan Sampit Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Kapolres Kotim AKBP. Sarpani, S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Baamang AKP Ratno, S.H., M.M. menjelaskan kegiatan pengamanan dan pemeriksaan penumpang di Bandara H. Asan dengan di berlakukannya Surat Edaran Nomor 22 tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi yg mulai berlaku pada tanggal 03 november 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan Adapun ketentuan Perjalanan orang Keluar dan Masuk wilayah Provinsi kalteng yaitu Pelaku perjalanan transportasi Udara Wajib menunjukan, Dokumen perjalanan pengguna transportasi udara untuk masuk dan keluar Pulau Jawa-Bali sesuai Surat Edaran Satgas penanganan covid 19 No 22 Tahun 2021. Ada beberapa ketentuan yakni Dokumen perjalanan dengan surat keterangan Antigen masa berlakunya 1×24 jam dengan Vaksin dosis ke dua, kedua Dokumen perjalanan dengan surat keterangan RT-PCR masa berlaku 3×24 jam dengan Vaksin dosis pertama, selanjutnya Untuk anak usia dibawah 12 tahun mengunakan sesuai ketentuan dokumen perjalanan orang dewasa, apabila belum vaksin memakai RT-PCR. Ketiga Pelaku perjalanan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindung. Keempat pelaku perjalanan mengisi e-Hac yg diisi pada saat di bandara keberangkatan.

Adapun jumlah penumpang tiba dan berangkat dengan rincian untuk Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW1804 berangkat dari (Surabaya-Sampit) dengan Jumlah Penumpang 45 orang.
untuk Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW1805 berangkat dari (Sampit-Surabaya) dengan Jumlah Penumpang 59 orang.
Untuk Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW1471 berangkat dari (Banjarmasin-Sampit) dengan Jumlah Penumpang 46 orang
Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW1472 berangkat dari (Sampit-Banjarmasin) dengan Jumlah Penumpang 26 orang
Nam Air Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan IN170 berangkat dari (Jakarta-Sampit) dengan Jumlah Penumpang 106 orang
Nam Air Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan IN171 berangkat dari (Sampit-Surabaya) dengan Jumlah Penumpang 77 orang

BRIPKA Hadi Sulaiman juga memberikan himbauan untuk Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan dengan selalu memakai Masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan baik dalam antrian proses validasi dokumen.

“Yang pasti juga dilakukan oleh rekan dari TNI, Aviation Security, petugas keamanan dan pihak dari masing-masing maskapai untuk menjaga keamanan di bandara untuk memastikan situasi dan kondisi di Bandara tenang dan kondusif. “Jelas Hadi