LummoShop Dorong Akselerasi Digital Lebih Dari 10 Ribu UMKM Lokal

ANALINEWS ,SEMARANG, SOLO, YOGYAKARTA – Lummo, startup lokal penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis bagi pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dengan pelanggannya (Direct to Consumer – D2C,software-as-a-service – SaaS), semakin memperkuat upaya mendorong digitalisasi pelaku usaha untuk mendukung ekosistem usaha yang adaptif di daerah dengan menghadirkan Lummo Semesta di Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Lummo Semesta merupakan program terintegrasi dari LummoSHOP yang memberikan pendampingan, mentorship, dan pelatihan kepada pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat dalam mengembangkan usaha onlinenya.

Peluncuran Lummo Semesta ini diselenggarakan secara serempak di Semarang dan Solo pada tanggal 12 Maret yang dihadiri oleh Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang, M. David R. Wijaya Direktur Eksekutif KADIN Surakarta, Fandy Silalahi VP Community and Merchant Success LummoSHOP, dan Tri Sukma Anreianno VP Growth Lummo. Di Yogyakarta, Peluncuran Lummo Semesta rencananya akan diresmikan pada 13 Maret 2022.

LummoSHOP yang merupakan produk unggulan dari Lummo, membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya melalui www.lummoshop.co.id sehingga mereka dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif, membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya.

Melalui LummoSHOP, pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisa dan menargetkan kembali pelanggan untuk melakukan pembelian.

Fitur lainnya yang membantu optimalisasi bisnis pelaku usaha diantaranya fitur chat commerce untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, integrasi katalog, serta membuat situs web khusus melalui fitur custom domain. Istimewanya.

LummoSHOP memiliki fitur manajemen multi-platform, dimana pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat menggunakan solusi perangkat lunak ini sebagai pusat operasional bisnis online yang memungkinkan mereka mengelola semua pesanan pelanggan dari berbagai platform belanja.

Tri Sukma Anreianno, VP Growth Lummo, mengatakan, “Kami memahami bahwa pelaku usaha membutuhkan lebih dari sekedar solusi teknologi untuk mengembangkan bisnisnya, namun pendampingan dan pelatihan usaha yang terintegrasi justru menjadi elemen penting untuk mempercepat onboarding pelaku usaha ke ekosistem digital.

Seiring dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring. Kami siap bekerja sama dengan Dinas Koperasi di tingkat provinsi dan kota di Jawa Tengah untuk mengembangkan mendorong kompetensi UMKM Jawa Tengah.”

Saat ini, Lummo Semesta telah bekerja sama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha.

Dengan bergabung di Lummo Semesta, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi halal dari MUI, sertifikasi dari BPOM, dan lain-lain.

Pendampingan ini mendapatkan sambutan dan kepercayaan yang baik oleh para pelaku usaha karena membantu mereka mengatasi tantangan usaha untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang menyampaikan, “Sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, UMKM harus adaptif dan lebih siap menghadapi berbagai krisis maupun perubahan lingkungan di masa mendatang. Tahun 2022 ini, Indonesia sudah memasuki tahap pemulihan ekonomi yang transformatif, sehingga UMKM harus mampu memanfaatkan berbagai peluang untuk mengembangkan usahanya.

Disamping terus memperkuat daya saingnya, UMKM juga harus mampu memahami keunggulan produk dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Pendampingan seperti yang dilakukan Lummo Semesta ini diharapkan dapat mendukung UMKM terus adaptif dan terus berperan dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

Semoga UMKM Jawa Tengah dapat terus mendapatkan manfaat dari teknologi LummoSHOP untuk terus mengembangkan bisnisnya.”

Disamping memudahkan pelaku usaha untuk mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendorong bisnis mereka bertumbuh, Lummo Semesta melakukan berbagai program pendampingan diantaranya Lummo Webinar yaitu program lokakarya daring dengan berbagai topik terkait pengembangan bisnis; Lummo Support Partners yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing untuk membantu merancang dan menjalankan campaign digital untuk mengembangkan brand, serta dinas dan lembaga pemerintahan untuk mengurus sertifikasi dan perijinan demi meningkatkan kualitas produk dan usaha; serta komunitas online. LummoNation yaitu wadah untuk mengembangkan kapasitas diri dan memperkuat jaringan dengan para pebisnis lainnya.

Fandy Silalahi, VP of Community and Merchant Success LummoSHOP menyampaikan bahwa sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Lummo menargetkan mendorong kemajuan lebih dari 10.000 UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di Lummo Semesta, serta mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendukung operasional usahanya agar lebih efisien.

Sebelumnya, Lummo Semesta telah mendapatkan antusiasme yang sangat baik di Bandung dan Surabaya, dan telah berhasil menjaring lebih dari 51.000 UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu. Peluncuran Lummo Semesta ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan ini pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi.

( Shanty Rd )