Tim JKW-PWI Lakukan Pergantian Ban Kingland untuk Kawasaki W175TR di Caruban

ANALISNEWS, GUNUNG KIDUL – Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan – Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) yang terdiri Sonny Wibisono (Otomotif1.com), Indrawan Ibonk (Journey of Indonesia), Aji Tunang Pratama (Sinar Harapan.id) dan Yanni Krishnayanni (Askara.co) telah mengunjungi 28 provinsi selama 147 hari sejak dilepas di Kantor Pusat PWI di Gedung Dewan Pers oleh Ketum PWI Pusat, Atal S Depari pada tanggal 28 Oktober 2021 yang lalu.

Perjalanan tim JKW-PWI dengan menggunakan 4 unit motor yang didukung PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) serta ban motor dari PT Kingland Tire Indonesia telah menempuh jarak 16.950 Km.

Keempat motor Kawasaki ini menggunakan ban produksi PT Kingland Tire Indonesia yang telah teruji selama digunakan motoris keliling nusantara. Dukungan  ketersediaan ban luar dan ban dalam selama perjalanan turing membuat perjalanan menjelajahi Nusantara terasa nyaman dan aman.

Kota Caruban di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menjadi tempat persinggahan tim JKW-PWI pada hari Rabu, (23/3), untuk melakukan penggantian ban pada 2 unit motor Kawasaki W175TR yang dikendarai oleh Sonny Wibisono dan Yanni Krishnayanni.

Tim JKW-PWU diterima langsung oleh pemilik outlet atau bengkel rekanan Distributor Kingland Surabaya, Heri, yang langsung memerintahkan mekaniknya untuk membantu proses pergantian ban ini.

Menurut Heri, perjalanan yang telah memakan waktu 4 bulan lebih ini adalah perjalanan yang luar biasa. Dibutuhkan ketahanan fisik dari pengendaranya dan yang pasti juga didukung oleh ban yang berkwalitas seperti Kingland Jaguar yang telah menempuh 5000 Km.

Paulus Aditya, selaku Distributor Kingland Surabaya ketika ditemui tim JKW-PWI mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk tim JKW-PWI.

“Toko Harapan yang berlokasi di Caruban memang merupakan salah satu outlet rekanan kami yang terbaik dalam hal penjualan produk kami, selain itu kami juga bisa menjamin kwalitas kerja dari mekaniknya, jelas Paulus Aditya.”

Ditempat terpisah Agung Yulianto, General Manager PT Kingland Tire Indonesia menjelaskan, meskipun ketahanan ban Kingland Jaguar ini mampu mencapai jarak tempuh hingga 10.000 Km, tapi pihaknya lebih menginginkan faktor keamanan dan kenyamanan bagi para rider yang melakukan perjalanan turing jarak jauh ini.

W175TR menggunakan ban Kingland dari tipe Jaguar yang memiliki ring 17 dengan ukuran ban depan 90/90 dan 100/80 untuk ban belakang.

Ukuran ban ini sudah sangat ideal untuk jenis motor yang menggunakan ring 17, terlebih lagi Kawasaki W175TR yang digunakan juga menggunakan ring 17.

Dari segi ketahanan, ban tipe Jaguar sangatlah ideal untuk penggunaan diberbagai medan jalan sesuai dengan rute perjalanan yang ditempuh oleh tim JKW-PWI yang menempuh jarak tempuh 17.000 Km.

Daya cengkeram ban Jaguar juga sangat baik, khususnya di jalan aspal, baik dalam kondisi cuaca cerah maupun hujan.

Kondisi aspal yang kering pada cuaca yang cerah memberikan efek cengkeram yang sangat baik, namun pada saat kondisi hujan, meskipun mampu memberikan performa yang maksimal, namun pengendara tetap harus memperhatikan kondisi jalan yang dilalui.

Genangan air yang dilintasi dapat menyebabkan kurangnya daya cengkeram pada ban, atau dapat menyebabkan aqua planning. Selain itu, tekanan angin serta kondisi pola kembangan atau pattern pada ban juga sangat berpengaruh terhadap daya cengkeram ban dan performa ban secara keseluruhan.

“Tetap perlu harus diperhatikan kondisi ban khususnya pada pattern nya, jangan menunggu sampai tipis apalagi sampai botak dan terlihat benang atau kawat pada sisi luar ban. Ini Kalau sudah begini harus langsung segera diganti karena akan sangat membahayakan pengendara,” imbuh Agung.(har-Taufikin)