Terkait Pelayanan, Kapus Waetuno-Wakatobi Angkat Bicara. Sekdis Kesehatan: Puskesmas Harus Berinovasi

WAKATOBI – Terkait adanya kekosongan pelayanan pada pukul 3 sore di Puskesmas Waetuno Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi, Kepala Puskesmas (Kapus) Waetuno angka bicara.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon pada Senin (19/04) Kapus Waetuno Maulid SKM menerangkan jika pelayanan dilakukan selama 6 hari kerja yang dimulai dari pukul 7 pagi.

” Itu pelayanannya jam 7 sampai jam 12 untuk pelayanan, untuk ASN sampai jam 2, seterusnya begitu saja,” ungkapnya.

Kapus Waetuno Maulid SKM

Kata dia, berbeda halnya dengan pelayanan UGD, yang dilakukan selama 24 Jam jika terdapat emergency, namun jika tidak maka petugas dapat pulang.

” Jika ada perawatan biasa, maka kami arahkan untuk besok. Terkecuali emergency atau kecelakaan begitu,” katanya.

Sementara itu untuk aturan jadwal yang ditetapkan, pihaknya mengklaim jika terdapat surat dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan yang menyebutkan jadwal pelayanan hingga jam 2 siang, namun pihaknya tidak dapat menunjukkan adanya surat tersebut.

” Dileptoku gk bisa sy buka heng,” tulisnya via WhatsApp saat dimintai surat jadwal pelayanan, sembari mengirimkan surat edaran Menpan RB no 11/2022 tentang jam kerja ASN di bulan Ramdhan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, awak media ini mencoba mendatangi Dinas Kesehatan, yang langsung diterima oleh Sekertaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Bapak Hija.

Sekdis Kesehatan tersebut membenarkan adanya SE Menpan RB yang dikhususkan untuk ASN sehingga rujukannya tetap pada SE Menpan RB tersebut.

” Oh ada yang dulu, tapi kita tetap menyesuaikan, jam 7 sampai jam 2 itu. Sampai sekarang ini belum ada perubahan,” terangnya.

Hija juga menyarankan kepada puskesmas untuk berinovasi, agar terkait jadwal pelayanan dapat ditempel di papan informasi sehingga warga dapat mengetahui jadwal pelayanan Puskesmas.

” Seharusnya kan gini, Puskesmas kan harus berinovasi, contohnya dia buat pengumuman walaupun dalam bentuk kertas jam pelayanan, senin sampai Kamis sampai jam berapa, kalau Jumat kan pulangnya mereka jam sebelas, kalau hari Sabtu kembali normal lagi,” tukasnya.