Camat Minta Segera Pilih PAW Anggota Tuha Peut Sarah Mane

ANALISNEWS, PIDIE JAYA | Camat Meurah Dua Iskandar SE minta agar Tuha Peut Sarah Mane segera gelar Pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) salah satu anggota Tuha Peut yang mengundurkan diri pada tanggal 11 Februari 2022 silam untuk maju sebagai calon keuchik Gampong setempat di bulan Maret yang lalu.

Hal ini disampaikan Nasruddin yang sering disebut Pak Nas selaku anggota Tuha Peut Sarah Mane, kepada media ini, Kamis, 12/05/2022. Salah satu anggota tuha peut yang dilantik pada tanggal 28/12/2021, Ikhwan, mengundur diri sebagai anggota pada tanggal 11 Februari 2022. Surat Pengunduran Diri tersebut ditanda tangani atas materai Rp.10.000, serta dilayangkan kepada Bupati Pidie Jaya, melalui camat Meurah Dua.

Menurutnya, Agar tidak lama kekosongan satu anggota Tuha Peut, maka camat meminta agar para tuha Peut aktif segera menentukan nama calon Tuha Peut baru sebagai PAW priode 2021-2027 dengan musyawarah ujar Pak Nas.

Kabag Pemerintahan Pidie Jaya, Teuku Safrizal, S.STP, mengatakan, setiap Tuha Peut yang telah membuat surat Pengunduran Diri serta menandatangani atas materai 10.000, diantarkan ke kantor camat, secara hukum dia telah sah mundur. Dan camat mesti menindaklanjuti Surat tersebut ke kabupaten, sesuai tujuan dari surat tersebut.

Lebih lanjut T. Safrizal juga menegaskan, bagi anggota Tuha Peut yang mengundur diri tidak dibenarkan maju lagi sebagai calon PAW Tuha Peut selama periode tersebut (2021-2027) masih berlangsung.

Hal senada juga diutarakan Kabid Pemerintahan pada DPMG Pidie Jaya, Said Sofyan, akan segera memproses Pengunduran Diri Tuha Peut yang mundur, dan Tuha Peut hasil PAW, setelah camat setempat mengirim rekomendasi keduanya.

“Akan segera kita proses. Tapi coba jumpai camat dulu,” kata Said Sofyan.

Sementara Camat Meurah Dua Iskandar SE akan segera merekom anggota Tuha Peut PAW Sarah mane dan memprosesnya sesuai aturan, baik yang mundur maupun yang baru agar tidak kekosongan anggota Tuha Peut di Gampong tersebut.

“Kita akan segera rekomendasi pergantian Tuha Peut baru untuk PAW dan memberhentikan Tuha Peut yang mundur diri. Cuma kita tunggu nama yang baru yang dikirim oleh Keuchik Sarah Mane,” pungkas camat.

(Wanispijay_Kabiro)

Tinggalkan Balasan