Hardiknas, Wawalkot Ajak Generasi Muda Wujudkan Merdeka Belajar

ANALISNEWS, Pekalongan – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tanggal 2 Mei, Pemerintah Kota Pekalongan melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan di Halaman Kantor Sekretariat Daerah (Sekda) setempat, Jumat (13/5/2022), upacara diikuti oleh perwakilan aparatur sipil negara, tenaga pendidik, serta pelajar.

Hadir mewakili Walikota Pekalongan, Wakil Walikota (Wawalkot) Pekalongan, Salahudin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peringatan Hardiknas merupakan bentuk penghormatan jasa dan perjuangan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

“Tanggal 2 Mei ini tanggal yang istimewa sekaligus bersejarah, selain menjadi peringatan Hardiknas, tanggal ini juga hari lahir Tokoh Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara,” terangnya.

Ia mengatakan di era merdeka belajar seperti saat ini, arah pembelajaran lebih tertuju pada pemenuhan kebutuhan siswa dan dituntut untuk lebih akrab dengan teknologi, berbeda dengan dulu, pendidikan dan pembelajaran berfokus pada ketercapaian kompetensi, penguasaan materi serta ketuntasan kurikulum.

Lebih lanjut Ia menilai, tidak hanya peran pemerintah, generasi muda dan para pelajar memiliki peran yang besar untuk mewujudkan kemerdekaan belajar. “Merdeka belajar bukan hanya sekedar pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif saja tetapi kita juga harus menguasai kompetensi dan literasi digital,” tandas Salahudin.

Salahudin menambahkan, wabah pandemi yang terjadi selama 2 tahun ini sangat mempengaruhi eksistensi segala bidang, tak terkecuali pendidikan. Oleh sebab itu, dengan kondisi pandemi yang sudah sangat melandai ini, ia mengajak generasi muda untuk dapat bangkit untuk mewujudkan kemerdekaan belajar dan turut berkontribusi untuk Pemkot Pekalongan.

“Pada momen ini, ayo generasi muda tingkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme, pantang menyerah, dengan ilmu yang dimiliki, saya harap generasi muda bisa ikut berkontribusi di masyarakat,” pungkasnya. (tim)

Tinggalkan Balasan