Menanggapi Hal Serupa, Aktivis HAM Indonesia Terhadap Langkah Hukum Polres Kotabaru Mengenai Jalan di Goa Lowo

Pegiat HAM Indonesia AguSaputra Wiranto, SH.,

ANALISNEWS, KOTABARU – Upaya pemulihan jalan di wisata Goa lowo desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru untuk kepentingan masyarakat luas yang dilaksanakan oleh AKP. Abdul Jalil selaku Kasat Reskrim Polres Kotabaru beserta anggotanya banyak mendapat perhatian dan simpati serta dukungan dari berbagai kalangan di Kabupaten Kotabaru.

Salah satu Pegiat HAM Indonesia AguSaputra Wiranto, SH., yang pernah berhasil ikut serta dalam pembebasan lahan Makam Dayak di Dusun Sangkoh Kecamatan Sei. Durian Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan ikut angkat bicara mengenai hal tersebut.

Saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya Kamis (12/5/22) AguSaputra Wiranto, SH mengatakan, bahwa apa yang telah dilaksanakan oleh AKP Abdul Jalil bersama anggotanya tersebut adalah berguna untuk memajukan, meningkatkan, memenuhi, serta melindungi Hak Azasi Manusia (HAM) mengenai jalan untuk kepentingan masyarakat luas.

“Dimana saat itu, katanya, langkah yang dilakukan oleh AKP Abdul Jalil tersebut telah sejalan dengan fungsi dan tugas pokok Kepolisian dalam Undang-undang Kepolisian dan Azas yang membentuk UU. Nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum.” Tutur eks. Ketua DPC. Galang Kemajuan Jokowi Kabupaten Kotabaru tersebut.

Agus, juga menjelaskan, ada pepatah Hukum kuno yang mengatakan bahwa “Lee Salud Du People Est la Supreme loi” yang kurang lebih artinya adalah” Perlindungan Hak Azasi Rakyat adalah Hukum Tertinggi.

“Dengan pepatah Hukum Moral tersebut layak dan patut di lekatkan kepada langkah Hukum.” Yang telah dilakukan oleh AKP. Abdul Jalil beserta Anggotanya.

Sebagai Kasatresktim Polres Kotabaru AKP Abdul Jalil beserta Anggotanya wajar melakukan sebagai tugas poksinya, Ujar anggota Team Advokasi Dewan Pimpinan Pusat Serikat Buruh Nasionalis Indonesia (SBNI) ini mengatakan, ini sangat keliru besar apabila ada oknum-oknum yang menafsirkan lain langkah Hukum AKP Abdul Jalil selaku Kasat Reskrim Polres Kotabaru tersebut.

“Saya sebagai Team Advokasi DPP. SBNI Republik Indonesia salud dan mengapresiasi langkah AKP Abdul Jalil beserta Anggotanya yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai HAM sebagai dasar untuk menciptakan Mufakat dalam merestorasi jalan untuk masyarakat desa Tegalrejo tepatnya wilayah wisata Goa Lowo sebagai Objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.” Ujarnya singkat.(zn)

Tinggalkan Balasan