Perkumpulan Bedeng Wilayah Mengelar Rapat Koordinasi

AnalisNews.co.id– Lampung Utara|| Perkumpulan Bedeng Wilayah (PBW) Dewan Pertukangan Nasional (DPN) Perkumpulan Tukang Bangunan Seluruh Indonesia (PERKASA) Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi dengan pengurus Perkumpulan Bedeng Daerah (PBD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dan PBD Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Kamis (12/5/2022).

Kehadiran DPN PERKASA di provinsi yang berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini bertujuan untuk membantu pemerintah mensosialisasikan undang-undang nomor 2 tahun 2017 bahwasanya setiap jasa pengguna konstruksi yang menggunakan sertifikat tukang harus mempunyai sertifikat.

Sesuai dengan peraturan undang-undang jasa kontruksi nomor 2 tahun 2017 tersebut ada sanksinya sampai ke pemberhentian pelaksanaan konstruksi apabila didapati pelaksana pekerjaan tidak mempunyai tukang yang bersertifikat.

Dalam hal ini peran fungsi DPN PERKASA bisa mengeluarkan sertifikat, dan siap bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Untuk itu, kita menghimbau kepada jajaran di daerah untuk segera melaksanakan audiensi kepada bupati selaku kepala daerah untuk mensupport kehadiran DPN PERKASA,” kata Irwanda Dirusi SE., ST. selaku Ketua PBW DPN PERKASA Provinsi Lampung.

Irwanda menjelaskan, DPN PERKASA ini akan menjadi wadah untuk menampung para tukang serta siap mengawal apa yang menjadi hak-hak para tukang, selain itu DPN PERKASA juga akan memberikan pelatihan khusus agar para tukang ini menjadi tukang yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Dalam hal ini Pemerintah provinsi maupun daerah dapat support kita melalui surat edaran yang ditujukan kepada instansi stakeholder sampai ke tingkat desa. Harapan besar kita dengan adanya DPN PERKASA ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi rekan-rekan kita yang berprofesi sebagai tukang, agar kedepannya tukang-tukang kita dapat bekerja secara maksimal dan sesuai dengan administrasi,” jelasnya.

Selanjutnya, DPN PERKASA akan memfasilitasi para tukang untuk mendapatkan hak-hak nya serta akan diberikan BPJS ketenagakerjaan untuk jaminan di masa depan.

“Disini kita akan mewadahi dan memberikan hak-hak para tukang, hadirnya DPN PERKASA ini otomatis tukang yang tergabung dalamnya selain diberikan pelatihan kita juga akan menyediakan program BPJS ketenagakerjaan serta kita akan menyiapkan rumah untuk tukang-tukang,” ujar Irwanda.

(*ERWANSYAH)

Penulis: TIM PD IWO LAMPURAEditor: ERWANSYAH