SMP Negeri 2 Cigalontang Bagikan Dana PIP Siswa Secara Langsung

AnalisNews.co.id | Tasikmalaya, Jawa Barat,- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigalontang menyalurkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) kepada seluruh wali siswa penerima manfaat secara langsung. Acara pembagian dana PIP tersebut digelar diruang aula laboratorium SMP Negeri 2 Cigalontang dan dihadiri oleh Ketua Komite setempat Oo Sohib, Wakil Kepala Sekolah (WAKASEK) SMP Negeri 2 Cigalontang Nyanjang, Beberapa Dewan Guru dan seluruh wali siswa yang mendapat bantuan PIP sebanyak 72 siswa, yang mewakili siswa penerima bantuan mulai dari kelas 1 (Satu) sampai dengan kelas 3 (Tiga).

Dalam sambutannya sebelum pembagian dana PIP kepada seluruh wali siswa penerima, Ketua Komite SMP Negeri 2 Cigalontang Oo Sohib menjelaskan, Program Indonesia Pintar (PIP) adalah suatu program pemerintah yang disalurkan kepada siswa yang tergolong kurang mampu dengan tujuan untuk membantu siswa khususnya untuk keperluan sekolahnya, hal tersebut guna meminimalisir putusnya sekolah untuk seluruh siswa serta membantu siswa agar terus bisa menempuh pendidikan minimal sampai tingkat SMA atau sederajat. Selain itu, Oo pun berharap dana PIP yang telah dibagikan agar dipergunakan oleh setiap siswa penerima untuk membeli keperluan sekolah seperti membeli buku, sepatu dan keperluan lainnya.

“PIP atau Program Indonesia Pintar menjadi salah satu bantuan yang disalurkan oleh pemerintah. PIP merupakan program pemerintah bentuk kerjasama antara tiga kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag) untuk memajukan pendidikan. PIP menjadi program khusus untuk membantu anak sekolah yang berasal dari keluarga kategori kurang mampu atau miskin. Bantuan yang diberikan berupa bantuan finansial. Harapannya, dengan PIP anak-anak atau para siswa yang menerima manfaat tersebut lebih terjamin pendidikannya dan dipergunakan untuk keperluan sekolahnya seperti menbeli buku, sepatu dan lainnya. Dengan adanya PIP juga bertujuan untuk membatu seluruh siswa khususnya yang tergolong kurang mampu agar wajib bersekolah, sehingga angka putus sekolah bisa menjadi lebih ditekan karena mengingat wajib dan pentingnya anak sekolah minimal sampai 12 (dua belas) tahun atau sampai jenjang SMA atau sederajat”, paparnya.

Diwaktu yang sama, Wakil Kepala Sekolah (WAKASEK) Kesiswaan sekaligus Panitia PIP SMP Negeri 2 Cigalontang Nyanjang menjelaskan, untuk pengambilan dana PIP dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah sesuai dengan hasil surat kesepakatan bersama yang telah ditandatangani oleh seluruh wali siswa penerima bantuan mengingat intruksi dari pihak BANK agar lebih tertib dan menghindari kerumunan saat pengambilan.

“Untuk pengambilan dana PIP tahun ini mungkin berbeda dari tahun yang sebelumnya, dimana yang sebelumnya diambil langsung oleh para siswa atau wali siswanya, dan tahun ini dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah sesuai dengan surat kesepakatan bersama yang telah ditandatangani oleh seluruh wali siswa dari masing-masing penerima, hal itu mengingat instruksi dari pihak BANK agar lebih tertib dan menghindari terjadinya kerumunan saat pengambilan”, jelasnya.

Selain itu, salah satu wali siswa penerima bantuan atas nama Panca Widia Wati selaku wali siswa dari kelas 1 (Satu) atas nama Ardi Foetra Setiawan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah yang telah memberi bantuan PIP melalui pihak SMP Negeri 2 Cigalontang tempat anaknya belajar, dirinya berharap program PIP tersebut bisa berkelanjutan karena sangat membantu sekali anaknya dan para siswa laiinya untuk meringankan biaya anaknya membeli keperluan sekolah.

“Saya atas nama wali siswa dari anak saya atas nama Ardi Foetra Setiawan kelas 1 (Satu) SMP Negeri 2 Cigalontang, mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah yang telah memberikan bantuan dana PIP terhadap anak saya melalui pihak SMP Negeri 2 Cigalontang, saya berharap program PIP ini bisa berkelanjutan karena mengingat sangat membantu sekali anak saya dan anak-anak penerima bantuan PIP lainnya untuk meringankan biaya keperluan sekolahnya”, ucapnya.

Acara diakhiri oleh pembagian dana PIP yang diterima langsung oleh seluruh wali siswa penerima bantuan sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelas 1 (Satu) dan 2 (Dua), dan Rp. 375.000,- (Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) untuk siswa kelas 3 (Tiga) berikut dengan Buku Rekening Tabungan Siswa masing-masung penerima bantuan PIP.

Penulis: Chandra Foetra S.Editor: Chandra F. Simatupang.

Tinggalkan Balasan