Berdekatan dengan Rumah Ibadah, Izin THM di Batam Dipertanyakan

Suasana THM yang berdekatan dengan rumah ibadah di Kota Batam. (Foto: Tangkapan layar video)

BATAM (Analisnews.co.id) – Salah satu tempat hiburan malam (THM) yang beralamat di Jalan Bida Asri II, nomor 15, Belian, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang berdekatan dengan tempat ibadah hingga saat ini masih beroperasi dan belum ada langkah yang dilakukan aparat terkait, terutama Dinas Pariwisata Batam untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan.

Menanggapi hal itu, Pemerhati Sosial, Ta’in Komari mempertanyakan perizinan THM yang berdekatan dengan tempat ibadah tersebut.

“Soal THM yang lagi viral saat ini, kita harus tahu dulu mengenai perizinannya. Apalagi kalau kita lihat bersama sangat berdekatan dengan rumah ibadah. Sudah pasti itu bermasalah,” ujar pria yang akrab disapa Cak Ta’in ini kepada sejumlah media, Sabtu (18/6/2022).

Ia meminta dinas terkait untuk melakukan pengecekan karena dianggap telah membuat kegaduhan.

“Apabila tempat hiburan yang dimaksud tidak memenuhi perizinan, saya minta agar operasionalnya segera dihentikan,” ucap Cak Ta’in dengan tegas.

Dikutip dari Prolkn.id, Batam Tourist Promotion Bird, Edi Sutrisno mengatakan, terkait pelanggaran ataupun pengawasan berada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

“Karena seluruh rekomendasi di bawah naungan Disbudpar,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi pernah memberikan pernyataan bahwa tidak akan memberikan izin usaha bagi THM jenis apapun jika berdekatan dengan rumah ibadah.

“Tidak akan dikeluarkan izin melalui dinas terkait,” tegas Rudi, di Batam Centre, Jumat (14/1/2022).

Ketika dihubungi Prolkn.id, Kepala Satpol PP Batam, Reza Khadafi menyarakan agar mengkonfirmasi ke Dinas DPM-PTSP.

“Silahkan konfirmasi kepada DPM-PTSP ya, makasih,” ujarnya. (red)