Danlanal Batam Hadiri Acara First Cutting dan Keel Laying Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan di PT. KAS Batam

First Cutting dan Keel Laying Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan yang dipimpin oleh Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., di PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS), Jalan Brigjen Katamso, Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kamis (09/06/2022).

ANALISNEWS, BATAM – Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., mengadiri acara dalam rangka First Cutting dan Keel Laying Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan yang dipimpin oleh Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., di PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS), Jalan Brigjen Katamso, Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kamis (09/06/2022).

Pengadaan kapal tersebut sesuai Kontrak Pengadaan Kapal KRH (Korvet Rudal Heli), VVIP dan Kepresidenan yang telah ditanda tangani pada 25 Mei 2022 antara Kadisadal (dalam hal ini selaku PPK) dengan PT. Karimun Anugrah Sejati (dalam hal ini selaku Penyedia).

Dalam pembangunan sebuah KRI terdapat rangkaian kegiatan yang berkesinambungan yaitu First Steel Cutting (Pemotongan Pelat Baja Pertama), Keel Laying (Peletakan Lunas), Shipnaming, Launching, Delivery, dan Pengukuhan Nama KRI. Dalam acara hari ini akan dilaksanakan kegiatan First Steel Cutting, Keel Laying dan Shipnaming.

Dalam sambutannya, Aslog Kasal menjelaskan upacara ini merupakan simbolisasi dari peristiwa penting dalam proses modernisasi kekuatan TNI Angkatan Laut yang sedang berlangsung. Kapal Korvet Rudal Heli VVIP dan Kepresidenan yang sedang dibangun ini akan menjadi komponen penting bagi kemampuan TNI Angkatan Laut pada masa mendatang yang akan dipergunakan dalam rangka menjaga kedaulatan dan keamanan negara, serta menjamin kepentingan nasional di laut.

Tujuan yang ingin kita capai bukan hanya untuk membangun kemampuan Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan TNI Angkatan Laut, namun juga sebagai langkah nyata dalam mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia dalam membangun Alutsista, khususnya jenis Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan. TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk menjamin pengadaan Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan termasuk teknologinya berjalan dengan sukses dan tepat waktu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., Kadisadal Laksma TNI Maman Rohman, Waasrena Kasal Laksma TNI Achmad Wibisono, S.E., CHMRP., Kadismatal Laksma TNI Widiyantoro, Komandan Lantamal IV Laksma TNI Kemas M. Ikwan Madani, S.Sos., Direktur Utama PT. KAS Frenky, serta tamu undangan.

(Pen Lanal Batam/har-Taufikin)