Lama Tidak Dibangun, Pemuda Nurul Islami Dan Jamaah Kalimosodo Somawangi Mandiraja, Swadaya Bangun Jalan

BANJARNEGARA, analisnews.co.id – Disaat Pemerintah menggulirkan anggaran Dana Desa ke ke semua wilayah di Indonesia, dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan dalam bidang Infrastruktur di Desa, namun akibat terdampak Covid 19 selama tiga tahun berjalan, akhirnya semua terhambat, karena semua anggaran difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi para masyarakat yang terkena dampak.

Namun hal itu membuat para Pemuda Yasiinan dan Tahlil Nur Islami yang berada di Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, bersama warga sekitar dan beberapa donatur rela iuran swadaya agar jalan yang berada di RT1/5 Dk Karanggantung untuk memiliki jalan bagus, setelah puluhan tahun jalan milik desa tersebut tidak pernah tersentuh pembangunan.

Menurut Bendahara Pemuda Nurul Islami Yatun mengatakan, awal gerakan swadaya ini awalnya saat pengajian rutinan Minggu Pahing, yang diadakan setiap bulan dengan keadaan jalan yang becek berlumpur saat hujan, karena masih berbentuk tanah, membuat para jamaah yang hadir tidak nyaman saat lewat. Sehingga para Pemuda dengan dibantu masyarakat sekitar langsung bergerak untuk gotong royong.

” Swadaya ini terlaksana awalnya saat ada pengajuan rutinan Minggu Pahing di Mushola Nurul Islami, saat mendatangkan kyai untuk tausyiah sandalnya lepas karena terperosok lumpur, dari situlah kami para pemuda dan masyarakat melakukan rapat untuk bersama-sama memperbaiki jalan dengan cara swadaya seadanya, dan Alhamdulillah setelah berjalan ada beberapa donatur dari anggota jamaah Kalimosodo dan donatur lainnya ada yang ngasih semen dan uang,” ungkap Yatun.

Yatun menambahkan untuk para pekerja yang berjumlah sekitar 30 orang itu murni tampa digaji.” Mereka dengan ikhlas bekerja tampa diupah, seperti minum sampai jajan semua dari warga sini,” tambahnya.

Untuk panjang jalan yang masih berbentuk tanah tersebut mempunyai panjang sekitar 160 meter dan lebar 2,5 meter.

Penulis: Eko

Tinggalkan Balasan