Lanal Batam Dukung Kegiatan Konservasi Ekosistem Mangrove untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kota Batam

Penanaman Pohon Bakau dalam rangka Konservasi Mangrove untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir, bertempat di Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Sabtu (11/06/2022).

ANALISNEWS, BATAM – Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Dina Farid menghadiri kegiatan Penanaman Pohon Bakau dalam rangka Konservasi Mangrove untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir, bertempat di Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Sabtu (11/06/2022).

Kegiatan penanaman pohon bakau digagas oleh Lembaga Kelautan dan Perikan Prov Kepri bersama Unsur FKPD Kota Batam dan Muspika Kecamatan Nongsa Batam.

Kegiatan tersebut selaras dengan dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara serta program Pemerintah Kota (Pemkot) Batam dalam mengembangkan Pulau Ngenang sebagai daerah pariwisata berbasis kembali ke alam.

Penanaman Pohon Bakau dalam rangka Konservasi Mangrove untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir, bertempat di Pulau Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Sabtu (11/06/2022).

Pulau Ngenang sendiri memiliki potensi besar sebagai daerah tujuan pariwisata, karena daerahnya masih alami serta masyarakat yang guyub, terlebih letak geografis yang strategis yang dekat dengan pulau utama Batam, Singapura, dan Malaysia.

Dalam sambutannya, Danlanal Batam mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, hutan mangrove menjadi tempat yang nyaman untuk ekosistem biota laut termasuk ikan. Dengan begitu masyarakat di Pulau Ngenang tidak kesulitan mencari ikan serta untuk melindungi wilayah pesisir dari abrasi.

“Memang butuh waktu lama, namun ke depan kita semua akan menikmati hasil dari kegiatan hari ini. Selain untuk Konservasi Mangrove, masyarakat juga bisa memanfaatkan untuk tujuan destinasi wisata, peningkatan ekonomi warga masyarakat yakni dapat memberdayakan ibu-ibu PKK dengan mengolah kandungan pohon bakau menjadi sirup, dan kegunaan lainnya. Yakinkan dalam pikiran kita setiap usaha akan menuai hasil, mari kita jaga kesestariaan hutan mangrove kita,” pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut antara lain Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Dina Farid, Direktur Lembaga Kelautan dan Perikanan Rudi Susanto, Walikota Batam diwakili Sekda H. Jefridin, M.Pd., Kepala Balai BPBL Batam Ikhsan Kamil, Dosen UNRIKA Batam Yarsih Efendi, S.Pd. M.Si., Paspotmar Lanal Batam Mayor Mar Cisworo, Komandan Unit Intel Lanal Batam Kapten Laut (T) Yuli Prabowo, Pengurus Jalasenasrti Cabang 5 Korcab IV DJA I, serta unsur Muspika Kecamatan Nongsa.

(Pen Lanal Batam/har-Taufikin)