Objek Wisata Alam TOGARAJA di Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Di Resmikan

 

 

 

Samosir AnalisNews.co.id

Pemerintah Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian resmi melaunching objek wisata ” Togaraja”,Kamis 16/06/2022

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pdt. G. Simanjuntak disaksikan Kepala Desa Sahat Sinaga, Sekretaris Kecamatan Harian Josro,Kasi PMD Kantor Camat Harian Menanti Manik,Plh Danramil 04/Harian Boho Serka DHP Sihotang,dan warga Desa Partuko Naginjang, Kadis Budpar Tetty Naibaho,Kepala BPKPD Samosir Ferry Barus Anggota DPRD Kab Samosir Parluhutan Sinaga, Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong, kades Hutagalung Ober Aron Sitinjak,Kades Turpuk Sagala Sihar Sagala SH, Tenaga Teknis Kementerian Desa dan PDTT

Tenaga Ahli,Koordinator dan Pendamping Desa : Elsa Frida Tarigan,Sanno Sinabutar,Harmoko Sinaga

dilanjutkan dengan pembukaan selubung nama Objek Wisata TOGARAJA, Nikmati Panorama Danau Toba Dari Ketinggian

Kepala Desa Partungko Naginjang Sahat Sinaga mengatakan bahwa Objek Wisata ini merupakan salah satu dari 54 Desa Wisata yang ditetapkan Pemkab. Samosir melalui keputusan Bupati Samosir Nomor 77 tahun 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir.Objek wisata Togaraja menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari atas ketinggian Desa Partungko Naginjang. Objek Wisata Alam ini juga didukung dengan agrowisata disepanjang jalan.

Pemerintah Kabupaten Samosir mendukung penuh pengembangan Desa wisata ini Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan membantu dalam pembinaan dan pelatihan pengelolaan objek serta membantu dalam menjalin kerjasama dengan penggiat pariwisata dan sponsor. Untuk itu diharapkan peran peran BUMDes untuk menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata, Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Utara, Kementerian Pariwisata, travel agent, Himpunan Pramuwisata Indonesia dan perhimpunan hotel dan restoran Indonesia, akademisi serta media.

Hal ini dikatakan, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho.

“Mari berbenah dalam mengembangkan potensi wisata. Ketika kita bersama, maka kita kuat. Ketika kita bertekad, maka Desa Partungko Naginjang-Togaraja akan dikenal, dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Partuko Naginjang” tambahnya mengakhiri.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPKPD Kab. Samosir, Pery Barus menyerahkan NPWP BUMDes kepada pengurus BUMDes Sappinur Bunga Desa sebagai pengelola. Dengan penyerahan NPWP BUMDes ini, maka objek Wisata Togaraja secara resmi akan membayar pajak kepada Pemkab Samosir.

Sementara itu Camat Harian Hartopo Manik yang di Wakili Sekcam Harian Josro Tamba menjelaskan bahwa Dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa. Berikut empat tujuan didirikanya BUMDes, diantaranya adalah; Meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.

 Pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu harapannya pertumbuhan BUMDdes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebuhan masyarakatnya sendiri. “Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan,Bumdes Objek Wisata Togaraja ini akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah.”Karakter dengan potensi daerah harus dikembangkan dengan pola ekonomi,” ucapnya.

 

Penulis: BPEditor: BP