Pasar Desa Manyar Sebagai Pusat Perdagangan dan Ekonomi Desa

Pasar Desa Manyar Sebagai Pusat Perdagangan dan Ekonomi Desa

Pasar Desa Manyar

AnalisNews.co.id _ Lamongan.

Pasar desa adalah pasar tradisional yang berkedudukan di desa dan dikelola serta dikembangkan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa. Pasar desa memiliki peran yang vital dalam rangka meningkatkan kemajuan dan kemandirian masyarakat desa. Kemajuan perdagangan dalam pasar desa turut menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat desa.

Kelahiran Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang memberikan kewenangan yang lebih besar kepada desa untuk meningkatkan manajemen pengelolaan pasar desa sebagai pusat perdagangan dan perekonomian di desa. Selain itu Undang-undang Desa juga memberikan peluang kepada desa untuk meningkatkan nilai tambah pasar desa dan lebih maksimal untuk dirasakan oleh desa yang ujungnya akan dirasakan oleh masyarakat.

Peluang inilah yang ditangkap oleh Pemeritah Desa Manyar Kabupaten Lamongan dalam pengembangan pasar desa.

Saat ditemui Tim Analisnews di Kantor Desa Manyar Muslik selaku Pelaksana Harian (Plh) kepala desa menyampaikan. “Pasar desa ini dibangun dari tahun 2018, dulunya warga berjualan di samping jalan di tengah desa orang-orang menyebutnya dengan sebutan Pasar Prapatan (berjualan di samping perempatan jalan)”. Alhamdulillah semenjak berdirinya pasar desa ini warga memiliki tempat berdagang yang layak dan aman” Ucapnya.

Lokasi berjualan Pedagang Desa Manyar Sebelum adanya Pasar Desa : Sumber Google Maps.

Hal ini juga dirasakan langsung dampaknya oleh Ibu Rumiati salah satu pedagang dan Warga Desa Manyar saat di temui ia menyampaikan. “Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan adanya pasar desa ini, penjualan saya juga lebih meningkat dibandingkan dulu saat jualan di rumah dan di pasar prapatan (samping jalan)”.

Pasar Desa Manyar

Sementara Ibu Kastilah selaku Warga desa Manyar sekaligus pembeli juga menyampaikan. “Dahulu saya sering belanja di pasar luar desa karena setok barang dagangan yang terbatas tapi setelah adanya pasar desa ini saya bisa memenuhi belanja di sini ditambah jaraknya lebih dekat dan harganya cenderung sama”. ucapnya.

Tinggalkan Balasan