Sampah Menumpuk di Saluran Air, Warga Ilir Gotong Royong Bersihkan

ANALISNEWS, INDRAMAYU – Sampah memang menjadi problematika dihampir di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu. Permasalahan sampah memang menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Penumpukan sampah memang berpotensi menimbulkan banjir apalagi bila sampah tersebut menumpuk di saluran pembuangan. Demikian pula dengan permasalahan sampah yang terjadi di Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

Sebelumnya, sampah terlihat menumpuk di saluran Pembuang Bujang Blok Cidempet, Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur. Ternyata tidak hanya sampah limbah rumah tangga, plastik, daun, dan lain-lain, tetapi juga tumbuh suburnya eceng gondok yang pertumbuhannya sangat pesat.

Berkenaan dengan hal itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Ilir terus menggalakan pembersihan secara manual, baik itu dengan di semprot dan di buang ke laut dengan cara mengikuti aliran air. Namun banyaknya sampah yang tersangkut serta pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan saluran pembuang ini terus saja dipenuhi tumpukan sampah.

Camat Kandanghaur Hatta Direja terus memberikan motivasi serta pendampingan kepada Kuwu Ilir dalam rangka pelaksanaan pembersihan sampah. Hatta juga melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu untuk membantu proses pembersihan sampah di Saluran Pembuang Bujang.

Dengan bergotong royong dan dibantu petugas kebersihan dari DLH, masyarakat Desa Ilir membersihkan saluran Pembuang Bujang pada Senin, (20/6/2022).

Alhasil, saluran yang tadinya tertutup eceng gondok dan sampah ini kembali terlihat bentuknya.

Hatta juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melalui DLH yang telah memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan kepada Pemdes Ilir. Dirinya juga berharap bantuan ini dapat memacu semangat Pemdes Ilir dan warganya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang telah memberikan bantuan alat-alat kebersihan kepada Pemdes Ilir. Semoga masyarakat semakin terpacu semangatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya,” ujar Hatta.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar merespon pembersihan saluran pembuang Bujang ini melalui media sosialnya. Bupati Nina Agustina menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pembersihan sampah dan eceng gondok yang menutupi saluran.

Tinggalkan Balasan